Senin 29 Aug 2016 15:05 WIB

Diet Keuangan dalam 4 Pekan? Ini Caranya

Perencanaan keuangan
Foto: pexels
Perencanaan keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, Ratna adalah seorang wanita yang hidup di zaman modern, seperti saat ini. Dia bekerja sebagai staf pemasaran di salah satu perusahaan telekomunikasi terkenal di Jakarta. Ratna tentunya menerima gaji bulanan dan bonus di bulan-bulan tertentu. Karena masih hidup sendiri, tentunya Ratna harus pintar mengatur keuangan pribadinya agar tidak terlalu boros.

Terkadang Ratna tidak bisa menahan godaan untuk selalu belanja, terutama membeli gawai terbaru serta produk mode terkini. Akhirnya dia benar-benar membeli kedua produk itu, tanpa memperhitungkan kebutuhan lainya yang juga penting dan harus dipenuhi.

Hasilnya, saat ada kebutuhan yang benar-benar mendesak, seperti membayar tagihan bulanan di rumah, serta harus mengirim uang kepada orang tuanya, Ratna kehabisan uang. Setelah itu temannya yang bernama Dewi memberikan saran melakukan diet keuangan.

Bagaimana cara Ratna melakukan diet keuangan dengan maksimal hanya dalam waktu satu bulan saja?

1. Mulai dengan Keuangan Pribadi

Untuk melakukan diet keuangan secara maksimal, tentunya harus dimulai dari keuangan pribadi terlebih dulu. Bagaimana Anda mengatur keuangan setiap bulannya, sehingga bisa membayar kewajiban serta bisa menabung.  Jika Anda masih bingung untuk mengatur keuangan pribadi, mulailah dengan membagi-bagikan uang dalam pos atau amplop khusus sesuai dengan pengeluaran penting yang harus dibayar. Setiap mendapat bonus atau uang berlebih, usahakan untuk menyisihkannya dalam bentuk tabungan.

2. Keperluan untuk Makan yang Sangat Penting

Sedang ada uang atau pun tidak ada uang, masalah makan tidak bisa diajak kompromi. Terkadang, sebagian orang rela untuk membeli makanan dengan harga yang cukup tinggi, asalkan makananya enak dan populer tentunya. Namun, jika ingin melakukan diet keuangan saat ini juga, sebaiknya mulai mengurangi mengonsumsi makanan enak yang harganya mahal, tapi mulailah dengan mengonsumsi makanan yang sehat hasil racikan sendiri.

Anda bisa membuat daftar belanja masakan dan makanan lainya yang sekiranya memang diperlukan. Tuliskan harga dari setiap bahan masakan tersebut dan sisihkan uang untuk membeli masakan dan makanan ini ke dalam sebuah amplop, setidaknya untuk satu minggu. Beli masakan yang menyehatkan lengkap antara lauk pauk dan juga sayurnya. Dengan begitu, tidak perlu berbelanja setiap harinya hanya untuk membeli masakan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement