Kamis 18 Jan 2018 02:40 WIB

Sering Merasa Lapar? Coba Lima Trik Ini

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Lapar (Ilustrasi)
Foto: Health
Lapar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pernahkah Anda merasa lapar beberapa saat setelah makan? Jika rasa lapar yang terus-menerus datang ini dituruti, risiko makan berlebih dan kegemukan tentu akan membesar. Di sisi lain, sebagian orang menemukan kesulitan untuk mengatasi dan menahan rasa lapar yang terus berdatangan ini.

 
Rasa lapar yang terlalu sering datang pada dasarnya dipengaruhi oleh penerapan pola hidup maupun pola makan yang tidak seimbang. Seperti dilansir Cosmopolitan, berikut ini adalah lima trik sederhana yang dapat membantu mengatasi rasa lapar yang tak berkesudahan tersebut.
 
Pilih Makanan Yang Mengenyangkan
Saat memilih makanan, jangan pilih makanan yang hanya memuaskan hawa nafus saja. Pilih makanan yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Peneliti mengungkapkan ada enam jenis makanan terbaik untuk memberikan rasa kenyang yang bertahan lama. Keenam jenis makanan tersebut adalah telur, kentang putih, oatmeal, jenis kacang beans, ikan dan sop berbasis kaldu.
 
Konsumsi Lebih Banyak Protein
Studi menunjukkan bahwa protein merupakan makronutrien yang paling mengenyangkan dibanding karbohidrat maupun lemak. Di sisi lain, protein juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh lebih baik dibanding makronutrien lain.
 
Rasa lapar yang muncul beberapa saat setelah makan bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang didominasi karbohidrat dan kurang protein. Protein bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti keju, daging tanpa lemak, ikan, tahu hingga kacang-kacangan. Individu yang bermasalah dengan rasa lapar disarankan untuk menambah protein dari sumber-sumber makanan yang baik setiap kali makan.
 
Tidur Lebih Banyak
Kualitas dan kuantitas tidur juga memainkan peran penting dalam meregulasi hormon ghrelin atau hormon 'lapar'. Saat seseorang kekurangan tidur, tubuh akan memproduksi lebih banyak homron ghrelin. Semakin banyak ghrelin yang diproduksi, semakin besar nafsu makan yang akan timbul. Karena itu, kurang tidur kerap dikaitkan dengan kenaikan berat badan.
 
Tingkatkan Serat
Konsumsi serat dapat memberi rasa kenyang yang tahan lama. Selain itu, konsumsi serat juga baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lama. Proses pencernaan makanan yang lebih lama dapat mencegah timbulnya keinginan untuk makan-makanan manis. Serat bisa didapatkan dari beragam makanan seperti buah, sayur, gandum utuh hingga kacang jenis beans. Selain itu, konsumsi karbohidrat sederhana juga sebaiknya dihindari, misalnya roti putih, nasi putih dan produk tepung.
 
Perbanyak Sayuran
Sayur tak hanya kaya akan serat tetapi juga mengenyangkan dan memiliki kandungan air yang tinggi. Dengan begitu, konsumsi sayur dapat memberikan rasa kenyang tanpa menambah banyak asupan kalori. Sayur atau salad tanpa dressing berkalori tinggi bisa dikonsumsi terlebih dahulu sebelum makan besar. Dengan begitu, rasa kenyang yang didapat akan lebih tahan lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement