Selasa 16 Jan 2018 10:20 WIB

The Cranberries: Dunia Kehilangan Seniman Sejati Hari Ini

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah
Vokalis Cranberries Dolores O'Riordan
Foto: EPA
Vokalis Cranberries Dolores O'Riordan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penikmat musik terguncang atas berpulangnya Dolores O'Riordan, vokalis grup musik The Cranberries. Perempuan Irlandia itu meninggal dunia pada usia 46 tahun di sebuah kamar hotel di London, Senin (15/1).

Para personel The Cranberries yang sudah berkarya bersama Dolores selama puluhan tahun pun merasakan hal sama. Noel Hogan (gitar), Mike Hogan (bas), dan Fergal Lawler (drum), membagikan ekspresi kesedihan lewat akun Twitter @The_Cranberries.

"Kami sangat terpukul atas meninggalnya sahabat kami Dolores. Dia adalah sosok dengan bakat luar biasa dan kami merasa sangat beruntung telah menjadi bagian dari kehidupannya sejak 1989 saat kami memulai Cranberries. Dunia telah kehilangan seniman sejati hari ini. Tertanda Noel, Mike dan Fergal," ungkap mereka, kemarin.

Dolores masuk ke dalam band yang dibentuk dua bersaudara Mike dan Noel Hogan itu setelah mengikuti audisi menulis lirik dan melodi lagu. Ia kemudian direkrut menjadi vokalis band karena karakter suara mezzosopran-nya yang khas.

Lagu "Linger" dari album pertama Everybody Else is Doing It, So Why Can't We? mendapat perhatian publik dan membuat nama The Cranberries semakin tenar. Lagu lain yang populer dari mereka termasuk Zombie, "Just My Imagination", dan "Ode to My Family".

Band rock paling laris kedua di Irlandia setelah U2 ini sempat bubar pada 2003 dan aktif kembali sejak 2009. Pada Juli 2011, The Cranberries menyambangi penggemar di Indonesia dengan mengisi panggung Java Rock'n Land di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta.

Hingga saat ini, pihak berwenang maupun publisis belum memberikan keterangan mengenai penyebab tewasnya Dolores. Dikutip dari Daily Mail, publisis hanya menginformasikan bahwa mendiang berada di London untuk sesi rekaman singkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement