Ahad 31 Dec 2017 17:28 WIB

Bandung Sambut Pergantian Tahun dengan Festival India

Kota Bandung
Foto: Republika/Edi Yusuf
Kota Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung akan menggelar festival kebudayaan India dalam rangka menyambut malam pergantian tahun baru di Jalan Braga, Kota Bandung pada Ahad (31/12) malam. "Jadi Pemkot Bandung ingin merayakan tahun baru dengan semangat solidaritas jadi tahun ini dengan India, kalau tahun depan dengan negara Asia-Afrika lain," ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, di Bandung.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Kota Bandung selalu menghadirkan suasana yang baru saat menyambut pergantian tahun. Pada tahun 2016 yang lalu, malam pergantian tahun dilakukan dengan meresmikan jembatan layang ikonik di Antapani.

Pada tahun ini, kata Emil, gelaran budaya ini merupakan hasil kerja sama dengan Kedutaan Besar (Dubes) India. Terlebih Kota Bandung merupakan ibu kota Asia-Afrika, sehingga sangat terbuka bagi kebudayaan-kebudayaan yang ada di dua benua tersebut. "Asia Afrika nanti ada panggung dan musik sebagian dari India juga," katanya.

Gelaran festival budaya ini, tak hanya berlangsung saat perayaan tahun baru saja. Namun akan berlangsung hingga tanggal 5 Januari nanti.

Sementara itu, Duta Besar India, Pradeep Kumar Rawat, mengatakan Kota Bandung memiliki keistimewaan karena kreativitasnya dan visinya dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang bahagia. "Bandung bisa menjadi pintu gerbang ke Indonesia. Juga untuk memulai sesuatu yang bahagia harus datang ke destinasi yang bahagia. Kita harus mencoba dan memilih destinasi kreatif," katanya.

Pradeep mengaku terkesan atas antusiasme Kota Bandung dalam mempererat hubungan persahabatan dengan India. Ia mengaku baru kali ini menggelar kegiatan yang sangat komprehensif mempromosikan negaranya dalam satu acara.

"Bandung punya pemimpin yang dinamis dan punya visi, yang tidak hanya berpikir secara lokal namun juga global. Itu sangat penting," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement