Ahad 17 Dec 2017 06:51 WIB

Liburan di Rumah Juga Bisa Dirancang Menyenangkan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ada berbagai cara menghabiskan liburan, bermain merupakan kegiatan liburan yang paling digemari anak.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Ada berbagai cara menghabiskan liburan, bermain merupakan kegiatan liburan yang paling digemari anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat liburan banyak orang yang memilih liburan di luar rumah. Padahal liburan menyenangkan juga bisa dilakukan di rumah.

Psikolog Klinis Anak, Anastasia Satriyo mengatakan untuk anak usia batita, dua atau tiga tahun, orang tua harus memiliki buku busy book atau buku aktivitas yang bisa dibeli ditoko buku. Atau coba mengunduhnya dari Pinterest.

Untuk anak usia di bawah lima tahun bisa diperbanyak aktivitas fisik, misalnya orang tua bisa mengajaknya ke taman, lari-larian, main layangan, gelembung atau mainan lainnya yang pernah orang tua lakukan saat masih kecil. Atau bisa juga bermain mainan tradisional seperti egrang dan lainnya. "Sehingga anak menikmati liburan yang menyenangkan," jelasnya.

Selain itu, carilah aktivitas yang sesuai dengan usia anak. Karena kemampuan anak berkonsentrasi itu berbeda-beda. Kemampuan konsentrasi anak dua sampai tiga kali usianya, kalau usia empat tahun, dia bisa fokus 8 sampai 15 menit.

"Karena itu orang tua harus bisa merancang kegiatan yang delapan menit selesai. Kalau dia kita kasih puzzle 100 buah, anak malah akan rewel," ujarnya.

Bukan hanya itu, liburan menyenangkan di rumah bisa juga dengan melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah. Bukan berarti disuruh-suruh.

Contohnya, katakan ke anak ibu ingin membuat es mambo. Lalu ajak anak membuatnya. Anak bisa diminta melakukan hal sederhana, misalnya menuang air ke dalam plastik es. Manfaatnya bisa untuk melatih motorik, di sisi lain anak terhibur.

Menurutnya aktivitas anak bisa dibuat menyenangkan dengan cara orang tua berbicara kepada anak. Buat cerita yang imaginatif karena sifat anak imaginatif.

"Misalnya, eh kita ceritanya mau masak-masakan nih, yuk ikut belanja ke pasar. Nanti habis itu potong-potong," katanya. Ia menambahkan liburan juga bisa dengan story telling hingga bisa melihat tempat-tempat di sekitar rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement