Sabtu 09 Dec 2017 08:24 WIB

Pizza Neapolitan Jadi Warisan Dunia UNESCO

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Esthi Maharani
Pizza Neapolitan
Foto: fox news
Pizza Neapolitan

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Makanan pizza Neapolitan saat ini masuk dalam warisan dunia oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Status itu sudah diberikan sejak Kamis (7/12). Pemilik kedai pizza di seluruh negeri sangat bahagia setelah UNESCO mengumumkan keputusan penting ini.

"Saya merasa terhormat seperti semua orang Italia dan Naples. Pizza memiliki sejarah berabad-abad," kata pemilik restoran pizza, Romano Fiore seperti yang dikutip dari Fox News, Jumat (8/12).

Pelanggan di sebuah kedai pizza Italia, Roberto Guglielman mengatakan pizza adalah makanan yang harus diakui secara internasional. Hal tersebut sama seperti monumen bersejarah yang ada di Italia.

"Itu harus dianggap sebagai monumen bersejarah dalam masakan Italia," ujarnya.

Pelanggan di restoran Italia Matteo Martino mengungkapkan pemberian status warisan budaya menjadi kesempatan untuk membuat orang asing mengerti bahwa pizza tidak terbuat dari nutella atau nanas. Sebab pizzaiouli secara resmi diakui sebagai seni

Sementara itu Ketua Asosiasi Neapolitan Pizzaiouli berjanji untuk memberikan pizza gratis jika makanan itu masuk kategori warisan budaya.

"Kami akan memberikan pizza gratis di jalanan," kata za czar Sergio Miccu.

Sebelumnya, dua juta orang penggemar pizza telah menandatangani sebuah petisi untuk Naples agar pizza Neapolitan masuk dalam warisan budaya. Pizza Neapolitan lebih memiliki kulit pizza yang tipis namun menebal di pinggiran pizzanya. Pizza ini hadir dalam dua bentuk, yakni Marinara dan Margherita.

Menurut pengetahuan lokal pizza Margherita diciptakan pas 1889 oleh koki lokal untuk menghormati Ratu Margherita yang mengunjungi Napoli. Selain itu, negara yang bersukacita bersama Italia adalah Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement