Senin 27 Nov 2017 09:59 WIB

Karyawan Disneyland Harus Patuhi Aturan Dua Jari

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Disneyland California AS.
Foto: flickr
Disneyland California AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda mendengar bahwa menunjuk dengan satu jari kerap dianggap tidak sopan? Taman bermain Disneyland nampaknya menaruh perhatian serius terhadap aturan sopan santun ini.

Dikutip dari laman News, seluruh karyawan Disneyland diwajibkan mematuhi aturan dua jari. Artinya, mereka dilarang menunjuk dengan satu jari apabila memberikan petunjuk arah kepada pengunjung. Mereka harus menggunakan telunjuk dan jari tengah demi menjaga sopan santun. Aturan ini populer disebut "The Disney Point".

Alasan mendasar diberlakukannya aturan tersebut karena setiap hari Disneyland dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Beberapa pengunjung datang dari negara yang menganggap bahwa menuding dengan jari telunjuk tidak sopan. Bahkan sama tidak sopannya seperti jika menunjuk dengan jari tengah. Sehingga, untuk membuat para pengunjung merasa puas karyawan wajib menerapkan aturan dua jari.

Di sisi lain, peraturan ini mengingatkan akan sang pendiri yakni Walt Disney. Semasa hidupnya, Walt Disney adalah seorang perokok. Batang rokok kerap terselip di telunjuk dan jari tengahnya sehingga ia sering menunjuk dengan dua jari. Kebiasaan itu diabadikan dalam bentuk patung di Walt Disney yang sedang berdiri sambil menunjuk dengan dua jari.

Namun agar tak membawa dampak buruk terhadap anak-anak, batang rokok yang biasa terselip di jarinya tak disertakan dalam patung. Itulah sebabnya dalam banyak gambar dan patung, Walt Disney selalu ditampilkan dengan pose berdiri dan menunjuk dengan dua jari. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement