Ahad 12 Nov 2017 07:11 WIB

Harris J Paling Berkesan Hafalkan al-Baqarah

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Harris J
Foto: Instagram/@officialharrisj
Harris J

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harris J adalah musisi muda inspiratif yang juga dikenal sebagai penghafal Alquran. Pemuda asal Inggris ini mengaku menikmati menghafal Alquran meski diakuinya bukan hal mudah.

Menurutnya, menghafal Al-Quran memiliki tantangan tersendiri. Namun itu menjadi salah satu motivasi untuk menguasainya. "Saya kesulitan menghafal surat Al-Imran karena ayat-ayatnya yang panjang, tapi akhirnya saya hafal dan saya senang sekali," ujar Harris J saat berbincang dengan Republika.co.id, belum lama ini.

Ketika ditanya mengenai surat yang paling ia senangi, Harris memilih surat Al-Baqarah menjadi pilihannya. "Karena itu surat pertama yang saya hafal sehingga surat itu begitu berkesan," ujarnya.

Harris mengakui kebiasaan keluarganya memperdengarkan ayat suci Alquran menjadi salah satu alasan ia terdorong untuk menghafal isinya. Ia pun tidak sungkan mengakui menikmati belajar agama dan menghafal ayat Alquran.

Harris J Lahir di Chelsea, London, Inggris. Pemuda yang juga mewarisi darah India dan Irlandia ini sudah mulai menunjukan bakat musik sejak lima tahun.  Layaknya remaja seumurnya, ia menggemari sepak bola dan bahkan pernah mengikuti pelatihan di Akademi Klub Sepak Bola Chelsea.

Ia menapaki dunia musik secara profesional setelah memenangkan kontes bakat di sosial media Awakening Talent Contest pada 2013. Juri utama dalam kontes ini adalah penyanyi muslim Maher Zain. Lulusan BRIT School of Performing Arts di London (kampus penyanyi Adele dan Amy Winehouse) ini bangga mengusung statusnya sebagai muslim Inggris.

Ia juga kerap berpartisipasi dalam kegiatan positif. Ia pernah melakukan banyak konser amal di Inggris dan pernah terlibat dalam konser tribut untuk Mandela di Afrika Selatan.

Harris J kerap menjadi duta anti-perisakan (antibully) dan gencar mengkampanyekan gerakan antibully di berbagai negara, termasuk Indonesia. Ia baru saja mengunjungi Jakarta, Banjarmasin, Padang, Pesisir Panjang, dan Solo. Kunjungan yang dimulai 4 November 2017 hingga 10 November 2017 ini untuk mengkampanyekan gerakan melawan perisakkan.

Mengakhiri kunjungan ke Indonesia, Harris langsung bertolak ke Malaysia untuk melakukan tur serupa. "Terima kasih banyak Indonesia untuk kenangannya. Semoga kita berjumpa lagi," ungkap Harris J dalam akun Twitter resminya, Sabtu (10/11).

Berikut video Harris J kecil saat membacakan surat Ar-Rahman ayat 1-25:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement