Jumat 03 Nov 2017 08:37 WIB

Orang Tua Berperan dalam Deteksi Dini Penyimpangan Seksual

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Hubungan baik antara anak dan orangtua (Ilustrasi)
Foto: Sheknows
Hubungan baik antara anak dan orangtua (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) Hafid Algristian berpendapat, pendidikan dan wawasan orang tua tentang deteksi dini penyimpangan seksual remaja sangat penting. Sebab, orang tua berperan besar untuk mengetahui karakter dan kondisi seksual anak agar sesuai dengan seharusnya.

Dokter spesialis kesehatan jiwa itu mengatakan, untuk bisa membentuk karakter dan kondisi seksual anak supaya sesuai dengan yang seharusnya, maka konten pengasuhan harus benar-benar diperhatikan. "Konten pengasuhan ini sebenarnya bisa direncanakan oleh pasangan saat sebelum atau di awal pernikahan," kata Hafid dalam siaran persnya, Jumat (3/11).

Hafid melanjutkan, pada dasarnya pengasuhan bukan sekadar membuat anak nyaman, imunisasi lengkap, dan memberikan asupan bernutrisi. Lebih dati itu, pengasuhan menurutnya adalah apa yang dilakukan orang tua untuk anaknya, sejak sang anak bangun tidur sampai anak tidur lagi.

Hafid menambahkan, ketika sang anak berperilaku berbeda dengan identitas gendernya, maka harus dipastikan terlebih dahulu bagaimana orientasi seksualnya. Karena orientasi seksual ini sulit diketahui kecuali dari pengakuan jujur dari yang bersangkutan.

"Karena tomboy saja misalnya, belum tentu dia memiliki orientasi seksual kepada sesama jenis," ujar Hafid.

Hampir semua pelaku orientasi seksual sesama jenis atau Same-Sex Attraction (SSA), sudah menyadari sejak masa umur 10 tahun hingga remaja. Bahkan pada beberapa kasus, anak telah menyadari penyimpangannya saat di bawah usia 10 tahun.

"Jika sudah dalam taraf berlebihan, karena individu sudah SMA, maka remaja tersebut dapat diajak diskusi. Remaja harus ditanya kenapa ia bergaya atau melakukan pilihan perilaku demikian," kata Hafid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement