Sabtu 28 Oct 2017 09:49 WIB

Hal yang Harus Dihindari Ketika Bertengkar dengan Pasangan

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Suami istri bertengkar/ilustrasi
Foto: moneycrasher.com
Suami istri bertengkar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saat bertengkar dengan pasangan, Anda kadang tidak tahu bagaimana harus bersikap dan bertutur sehingga memperburuk masalah. Bahkan, tak jarang hal itu juga menyakiti orang yang Anda cintai. Dilansir dari Bold Sky, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari saat bertengkar dengan pasangan :

1. Memutuskan komunikasi

Tidak jarang saat bertengkar melalui telepon, Anda atau pasangan akan tiba-tiba memutuskan komunikasi terlebih dahulu. Meski salah satu kemudian mencoba menghubungi kembali, fitur reject justru dipilih karena tak ingin menyelesaikan masalah saat itu juga.

Padahal, menghindar untuk berkomunikasi setelah bertengkar justru dapat memperburuk masalah. Salah satu bisa saja merasa ada yang mengganjal, dan lama kelamaan hal itu dapat meledak dan menjadi bahan untuk saling menyalahkan lagi.

2. Menantang salah satu

Apa yang terjadi saat api berkobar seseorang justru menyiram bensin di atasnya? Api akan semakin besar dan tak jarang bisa menjalar ke berbagai arah. Itulah logika saat seseorang dalam keadaan emosi ada pihak yang justru semakin menyulut kemarahan mereka. Dalam hal ini, Anda dan pasangan sedang bertengkar dan salah satunya justru menantang.

Sebaiknya, saat bertengkar salah satu harus bersabar dan memilih untuk tidak mengeluarkan sikap serta kata-kata yang semakin memicu emosi. Akan lebih baik jika mengajak untuk mendinginkan kepala bersama-sama.

3. Melibatkan orang lain

Dalam pertengkaran dengan pasangan, tak jarang salah satu ingin melibatkan orang lain. Meski hanya sekadar untuk berbagi cerita, namun hal itu tidak akan baik dilakukan dalam suatu hubungan. Seperti saat suami dan istri bertengkar, sang istri menceritakan kekesalan serta masalah dengan ibunya. Demikian sebaliknya, yang justru terkadang memperburuk masalah karena campur tangan banyak pihak yang kadang memberi saran atau apa pun yang menambah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement