Senin 23 Oct 2017 04:55 WIB

Puluhan Perempuan Sebut Sutradara Toback Lakukan Pelecehan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sutrada Two Girls and A Guy James Toback
Foto: Variety
Sutrada Two Girls and A Guy James Toback

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sebanyak 38 perempuan mengaku pernah menjadi korban pelecehan seksual sutradara AS James Toback. Pengakuan tersebut bermunculan hanya beberapa pekan setelah kasus serupa dilaporkan dilakukan produser Harvey Weinstein.

Laporan yang diterbitkan Los Angeles Times menyebut Toback menggunakan pengaruhnya dalam industri film untuk menjebak para perempuan dalam situasi seksual. Sutradara film Two Girls and A Guy itu melakukannya sekitar tiga dekade.

Menurut laporan tersebut, Toback yang sekarang berusia 72 tahun sering mengandalkan metode sama untuk mendekati perempuan muda. Mulanya, ia mengaku sebagai sutradara terkenal dan menunjukkan bukti salinan DVD Two Girls and A Guy.

Toback mengatakan perempuan incarannya akan sempurna untuk film berikutnya dan mengundang ia melatih peran yang ditawarkan. Toback membual bahwa peran seolah menuntut aktivitas seksual tertentu dan mencoba memaksa korban melakukan seks.

Salah satu perempuan yang dipancing Toback adalah Louise Post, penyanyi grup musik rock alternatif AS, Veruca Salt. Post menceritakan pertemuannya dengan Toback pada 1987, merasa malu karena dengan mudah membiarkan dirinya tertipu, dan kini mempublikasikan perbuatan Toback di media sosial.

Sebelumnya, pada 1989, majalah Spy pernah melakukan investigasi terkait kasus pelecehan seksual yang dilakukan Toback. Namun, Toback membantah hasil investigasi media massa maupun laporan para perempuan, mengaku tidak pernah bertemu dengan sebagian besar dari mereka.

Pada beberapa kasus, ia mengaku perjumpaan hanya berlangsung sekian menit dan tak ada ingatan tentang mereka. Dikutip dari laman Rolling Stone, Toback menyatakan bahwa dia adalah penderita diabetes dengan kondisi jantung yang membuatnya secara biologis tidak mungkin melakukan apa yang dituduhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement