Selasa 17 Oct 2017 13:03 WIB

Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Atsiri Tea Tree

Minyak atsiri tea tree
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Minyak atsiri tea tree

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerawat merupakan masalah yang tidak hanya muncul pada kulit remaja. Wanita, dan pria, dewasa sekalipun terkadang masih bermasalah dengan jerawat.

Jika berbagai pengobatan dan perawatan yang dicoba belum berhasil menuntaskan jerawat, bagaimana bila mencoba minyak atsiri atau essential oil untuk jerawat. Pilihan minyak atsiri yang paling populer untuk mengatasi jerawat adalah tea tree.

Minyak atsiri tea tree cukup banyak dimanfaatkan dalam produk perawatan kulit. Bahkan minyak tea tree ini tergolong efektif sebagai pengobatan rumahan untuk jerawat. Salah satu studi menyebut minyak atsiri tea tree sama efektifnya dengan penggunaan benzoyl peroxide di kulit. Bedanya karena alami, tea tree cenderung lebih minim efek negatif seperti kulit kemerahan, kulit kering, dan mengelupas.

Minyak atsiri tea tree juga baik untuk kulit kepala dan rambut. Penggunaannya bisa menghilangkan ketombe dan kulit kepala yang kering.

Cara menggunakannya pun sederhana. Untuk menghilangkan jerawat, campurkan beberapa tetes minyak atsiri tea tree dengan dua sendok teh madu murni. Gosok ke wajah, biarkan selama beberapa menit, lalu basuh dan bersihkan.

Salah satu merek minyak atsiri asal Amerika, Young Living, juga memiliki varian tea tree. Kini, minyak atsiri tea tree dari Young Living sudah tersedia di Indonesia.

Anggit Wicaksono, Country Manager Young Living Indonesia, mengatakan tea tree atau Melaleuca Alternifolia memang memiliki banyak manfaat. "Antara lain berguna untuk membantu menjaga kebugaran tubuh dan memberikan efek energi positif. Campurkan dengan minyak sayur (vegetable oil) terlebih dahulu, lalu oleskan di bagian kulit tertentu. Selain itu, pengguna pun bisa menyebarkan aroma Melaleuca Alternifolia ini ke seluruh ruangan melalui diffuser untuk memberikan kesegaran dalam ruangan," katanya, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (17/10).

Selain tea tree satu lagi minyak atsiri Young Living yang sudah tersedia di Indonesia adalah Release. Aroma dari Release yang segar, harum, dan menenangkan mampu membantu pemakainya menenangkan pikiran mereka sehingga  terbebas dari rasa amarah dan rasa frustasi.

Terbuat dari campuran murni 100 persen ekstraksi bunga dan buah-buahan, seperti bunga kenanga, bunga mawar, buah jeruk, lemon, dan lainnya, menjadikan suasana di dalam ruangan menjadi lebih tenang dan harmonis. Teteskan minyak atsiri Release dalam mesin diffuser yang sudah dicampur air matang dan biarkan aromaterapi Release memberi ketenangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement