Selasa 17 Oct 2017 06:05 WIB

Tingkat Teratas Kolosseum Roma Dibuka untuk Publik

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Bagian dalam Koloseum Roma, Italia.
Foto: AP
Bagian dalam Koloseum Roma, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Tingkat teratas bangunan bersejarah Kolosseum di Roma, Italia, akan segera dibuka untuk pengunjung umum. Kementerian Kebudayaan Italia mengatakan, akses pembukaan tingkat atas arena gladiator itu berlaku mulai 1 November 2017.

Kursi di tingkat kelima amfiteater itu pernah diperuntukkan bagi orang awam masyarakat Romawi kuno yang disebut kaum plebeian. Kini, jajaran tempat duduk tersebut baru dibuka kembali untuk wisatawan setelah 40 tahun.

"Area ini menyajikan pemandangan Kolosseum dan Roma yang luar biasa, yang akan diingat pengunjung sebagai salah satu hal terindah yang pernah dilihat dalam hidupnya," kata Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini, dikutip dari laman Malay Mail Online.

Pengunjung yang ingin mengakses area tersebut harus memesan tur berpemandu dengan jumlah maksimum 25 wisatawan dalam satu periode. Pemandu wisata juga akan menunjukkan tingkat lain pada bangunan yang rampung direnovasi sekitar Juli 2016 tanpa mengubah strukturnya.

Ada koridor yang sangat terawat baik antara lantai dua dan tiga bangunan, juga bukti restorasi dinding bangunan setelah kebakaran yang dipicu petir pada 217 Masehi. Tur berlanjut ke lantai ketiga yang diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah.

Sementara, lantai empat bangunan Kolosseum ditempati kaum saudagar dan pedagang untuk menyaksikan pertunjukan mengerikan itu. Lantai pertama yang memperlihatkan pemandangan detail pada aksi yang berlangsung, disediakan untuk kaisar dan para senatornya.

Kolosseum adalah amfiteater terbesar yang dibangun selama kekaisaran Romawi kuno dan selesai pada tahun 80 Masehi. Bangunan setinggi 48,5 meter tersebut mampu menampung 80 ribu orang untuk menonton pesta hiburan berupa pertarungan gladiator yang brutal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement