Kamis 12 Oct 2017 18:08 WIB

Amitabh Bachchan dan Puluhan 'Vijay' yang Diperankannya

Amitab Bachchan dan sejumlah peran Vijay yang dimainkannya.
Foto: Berbagai sumber
Amitab Bachchan dan sejumlah peran Vijay yang dimainkannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adakah pecinta film Bollywood era 1970-an hingga 1991-an yang tidak mengenal Inspektur Vijay? Sulit rasanya untuk menjawab tidak. Tokoh yang diperankan aktor kawakan Amitabh Bachchan tersebut seperti sudah menjadi sosok yang melegendaris, termasuk di Indonesia. 

Setidaknya ada empat film tenar Bollywood yang menampilkan Inspektur Vijay sebagai karakter utamanya, dan kesemuanya diperankan oleh Bachan. Namun 'Vijay' tak melulu menjadi inspektur polisi. Nama itu juga mewujud dalam berbagai karakter berbeda.

Tercatat ada 22  film yang tokoh utamanya menggunakan nama Vijay. Lagi lagi kesemuanya diperankan Amitabh Bachchan. Entah ada ikatan apa Bachchan dengan nama Vijay. Yang pasti nama itu seperti mendatangkan hoki baginya karena membuat film-filmnya sukses di pasaran:

Berikut kami rangkum enam film menampilkan Vijay dalam karakter yang berbeda-beda seperti dilansir thynkfeed.com:   

1. Inspektur Vijay Khanna di film Zanjeer (1973)

Zanjeer awalnya ditawarkan ke aktor Dharmendra. Namun karena masalah jadwal, ia batal teken kontrak. Amitabh Bachchan kemudian mendapat peran tersebut. Berkat film inilah Bachchan menjadi superstar dan memicu serangkaian film yang menonjolkan karakter kuatnya sebagai sosok 'pemuda yang marah'.

2. Karakter Vijay di Hera Pheri (1976)

Sukses panjang melekatkan karakter 'pemuda marah', Amitabh menunjukan keluwesannya di film komedi ini. Akting kocaknya bersama pemeran lain, Vinod Khanna, dan Asrani, mampu mengocok perut penonton.

3. Vijay di film Don (1978)

Don disebut salah satu film bergenre thriller terbaik pada 1970 dan masih digemari hingga saat ini. Alur cerita dalam film ini sulit ditebak dan mengejutkan.

4. Vijay Kapoor di Ek Rishtaa: The Bond of Love (2001)

Awalnya, sutradara Sunil Darshan ingin membuat film thriller sebelum akhirnya banting setir menggarap film drama keluarga yang terinspirasi dari kisahnya sendiri. Vijay yang diperankan Amitabh Bachchan di film ini adalah seorang pebisnis.

5. Vijay dalam Nishabd (2007)

Film ini mengisahkan karakter Vijay yang jatuh cinta dengan sahabat putrinya sendiri.

6. Vijay Harshvardhan Malik dalam Rann (2010)

Vijay yang diperankan Bachchan di film ini merupakan pemilik jaringan media besar yang menjalankan bisnisnya berdasarkan kebenaran dan kejujuran. Ia meyakini ideologi untuk menyampaikan kebenaran kepada pemirsanya. Film ini juga menggambarkan bagaimana media massa 'bermain' dengan berita untuk meningkatkan rating.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement