Kamis 12 Oct 2017 13:11 WIB

Festival Film Busan Dibuka di Tengah Konflik

Festival Film Internasional Busan.
Foto: EPA
Festival Film Internasional Busan.

REPUBLIKA.CO.ID, BUSAN -- Festival Film Internasional Busan (BIFF) akan dibuka di wilayah selatan Korea Selatan tepatnya di kota Busan, pada Kamis (12/10). Festival tetap berjalan meskipun banyak isu mengancam statusnya sebagai festival film terbesar di Asia.

Selama tiga tahun terakhir, BIFF telah terkunci dalam perselisihan dengan kota Busan yang mensponsori acara itu karena gangguan dari kota tersebut akhir-akhir ini dalam kebebasan artistik festival. Gangguan tersebut dimulai pada 2014 ketika Wali Kota Busan Suh Byoung-soo, yang konservatif dan saat itu menjadi ketua panitia penyelenggara BIFF, diduga berusaha menghalangi pemutaran film dokumenter yang mengkritik penanganan mantan Presiden Park Geun-hye atas bencana kapal feri terburuk di negara tersebut, yang terjadi pada tahun yang sama.

Pemutaran film tersebut menghasilkan sebuah audit yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap direktur festival Lee Yo-kwan, menghukum dirinya dan anggota eksekutif lainnya, dan menggulingkan dirinya sebagai direktur serta pemotongan dana utama tahunan kota untuk festival itu. Dengan isu yang masih belum terselesaikan, tiga asosiasi industri film, yang dipimpin Directors Guild of Korea dan mewakili sekitar 300 sutradara film, terus memboikot festival tersebut sejak tahun lalu.

Mereka menuntut permintaan maaf dari Suh atas tuduhan "balas dendam politik" terhadap ekspresi artistik dan pengembalian direktur festival yang digulingkan tersebut. Selain isu "kebebasan artistik", festival ini juga menghadapi perdebatan internal dan krisis kepemimpinan.

Kepala pemrogram dan wakil direktur eksekutif Kim Ji-seok meninggal karena serangan jantung selama perjalanan bisnisnya ke Festival Film Cannes pada Mei, dan para pemimpin festival saat ini, Kang Soo-youn dan Kim Dong-ho mengumumkan pada Agustus bahwa mereka akan mengundurkan diri saat acara yang dihelat ke-22 kalinya itu selesai.

Pengunduran diri mereka mengikuti pernyataan dari sekelompok staf BIFF yang mengkritik kedua pemimpin tersebut karena bersikap dogmatis dan tidak sepenuhnya berkomunikasi dengan staf. Keduanya juga dikritik karena bersikap lunak terhadap walikota Busan yang menggulingkan mantan direktur Lee.

BIFF akan berlangsung hingga 21 Oktober dan menampilkan 300 film dari 75 negara dari seluruh dunia, satu lebih banyak dari tahun lalu 299. Penyanyi sekaligus aktris Im Yoon-ah, yang lebih dikenal dengan Yoona dari grup K-pop populer Girls 'Generation, dan aktor Jang Dong-gun akan menjadi pembawa acara dalam acara pembukaan, yang akan dimulai di Busan Cinema Center pada pukul 19.00 waktu setempat, mengikuti acara karpet merah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement