Kamis 31 Aug 2017 17:21 WIB

Warga Polandia Kepincut Kuliner Indonesia

Warga Polandia mengantre untuk membeli kuliner Indonesia di Vistula Boulevard, Warsawa, Polandia, pada 25 hingga 27 Agustus 2017.
Foto: Dok KBRI Warsawa
Warga Polandia mengantre untuk membeli kuliner Indonesia di Vistula Boulevard, Warsawa, Polandia, pada 25 hingga 27 Agustus 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Musim panas di Polandia dapat dikatakan identik dengan kemeriahan festival. Berbagai kota di Polandia memanfaatkan cuaca yang hangat dan cerah dengan berbagai kegiatan di udara terbuka, termasuk di antaranya di Warsawa sepanjang boulevard Sungai Vistula yang baru saja diresmikan oleh pemerintah kota setempat.

Memanfaatkan momentum ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) Warsawa pada 25 hingga 27 Agustus telah menyelenggarakan promosi kuliner Indonesia di Vistula Boulevard, Warsawa. Selama tiga hari penyelenggaraan, beraneka ragam jenis makanan Indonesia seperti nasi campur, sate kambing, sate ayam, mie bakso, mie kocok, sop buntut, dan es campur serta aneka kue Indonesia antara lain pisang goreng keju, bika ambon, kue lumpur, wingko babat, kue lapis disajikan kepada para pengunjung.

Pavilion Indonesia diserbu oleh para pengunjung yang antusias untuk menikmati sajian makanan khas Indonesia. Banyak pengunjung yang menyampaikan pujian atas kelezatan makanan dan kue yang disajikan. Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (31/8), disebutkan bahwa warga Polandia terlihat sangat menyukai makanan dan jajanan pasar kue Indonesia.

Kue jajan pasar terutama pisang goreng keju habis terjual. Beberapa warga setempat mencoba kuliner Indonesia mengatakan makanan Indonesia sangat khas karena racikan bumbu yang kaya dan harga cukup bersaing sehingga publik Polandia dari berbagai kalangan dapat mencoba makanan yang dijual. Harga yang dipatok untuk satu menu makanan sekitar 12 hingga 18 Zloty atau sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 80 ribu per porsi.

Beberapa warga setempat mengatakan kuliner Indonesia sangat prospektif dan perlu terus dipromosikan serta banyak digemari. Untuk mendukung pavilion Indonesia KBRI Warsawa menggandeng Dharma Wanita Persatuan, PPI, Diaspora Indonesia dan masyarakat di Warsawa.

Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter Gontha, berharap dengan acara promosi Indonesia seperti kuliner ini mampu menarik minat warga Polandia untuk berwisata ke Indonesia. Dia juga mengharapkan kepada warga Indonesia yang berada di Polandia untuk mempromosikan dan memperkenalkan ragam kuliner dan seni budaya Indonesia di Polandia. Pasalnya hal itu sudah menjadi tugas dan tanggujawab warga Indonesia saat berada di luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement