Rabu 30 Aug 2017 21:56 WIB

Yoga yang Tepat untuk Para Pelari

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Dian Nitami
Foto: Republika/Darmawan
Dian Nitami

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Latihan yoga kini tidak semata untuk kesehatan saja, namun menjadi tren gaya hidup yang banyak diminati oleh kaum urban, terutama para selebritas. Seperti yang dilakukan Dian Nitami yang telah melakoni olahraga yoga sejak 2013 lalu.

Yoga dipercaya mampu membuat tubuh menjadi lebih bugar, apalagi jika dilakukan dengan benar.  Menurut Dian, senam yoga bisa dilakukan semua kalangan usia, termasuk diperuntukkan bagi seorang pelari. Waktu yang tepat bagi pelari untuk yoga adalah saat beristirahat. Tepatnya yoga roga.

Dilansir dari Yogapedia, roga adalah nama yang diberikan pada gaya yoga modern yang dirancang khusus untuk pelari.

"Yoga bisa masuk ke segala macam jenis olah raga yang lain, aliran roga for runners, semua gerakan dikhususkan untuk meregangkan otot ke bagian yang disiksa saat berlari," kata Dian kepada Republika.co.id di Jakarta, Rabu (30/8).

Menurutnya, yoga roga cocok bagi para pelari untuk memulihkan kembali otot-otot yang sering bergerak saat berlari. Roga dapat membantu pelari untuk menghindari cedera dan juga membantu mereka berlari lebih efektif. Ini juga bisa membantu menjaga pikiran mereka tetap bersih dan fokus saat berlari.

Suatu rangkaian roga biasanya dimulai dengan teknik pernapasan dan latihan kesadaran sebelum beralih ke postur tubuh yang memperbaiki tubuh dan pikiran pelari. Kelas biasanya mencakup postur yang melonggarkan atau menguatkan area yang sering dilewati pelari, seperti tulang kering dan paha belakang.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement