Selasa 29 Aug 2017 13:20 WIB

Ed Skrein Mundur dari Proyek Film Hellboy

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Ed Skrein.
Foto: EPA
Ed Skrein.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ed Skrein dikabarkan mundur dari proyek film Hellboy. Kemundurannya tersebut disebabkan karena karakter yang akan dia perankan dalam film reboot tersebut tidak sesuai dengan sosoknya sehingga banyak penggemar yang melayangkan protes.

Pekan lalu, aktor yang memerankan karakter musuh di film Deadpool ini diumumkan telah bergabung untuk mengisi salah satu karakter di proyek Hellboy. Skrein rencananya akan berperan sebagai Mayor Ben Daimio yang dalam komiknya merupakan anggota militer berdarah Asia.

Kemarahan dari penggemar Hellboy muncul karena Skrein yang berkebangsaan Inggris tidak mewakili karakter Ben Daimo. Penggemar menganggap ciri khas karakter Ben Daimio sebagai bangsa Asia telah dihilangkan.

“Sudah jelas sekali bahwa memerankan karakter ini (Ben Daimio) dengan ciri khas budaya yang tepat adalah sebuah keharusan. Maka untuk menghindari adanya anggapan pengabaian terhadap etnis tertentu saya memutuskan untuk mundur sehingga karakter tersebut bisa diperankan dengan orang yang tepat,” ujar Skrein dikutip Hollywood Reporter.

Kontroversi seperti ini (pengabaian etnis yang tidak sesuai sumber asli)sebelumnya sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saja dalam film Ghost in Shell dan Doctor Strange yang menukar para pemerannya dengan orang kulit putih, padahal karakter pada material sumbernya merupakan orang Asia. Namun, ini kali pertamanya seorang aktor mundur karena tidak sesuai dengan peran yang ia mainkan.

“Perwakilan dari keragaman etnis adalah penting, khususnya bagi saya yang juga berdarah campuran. Ini kewajiban kita untuk membuat keputusan moral dan memberikan suara bagi mereka yang merasa terabaikan. Saya harap ke depannya hal ini bisa membantu menciptakan keadilan bagi etnis manapun untuk hadir di dunia seni maupun dunia nyata,” ujar Skrein.

Keputusan Skrein ini mendapatkan respons positif dari produser dan pemain lainnya dalam proyek Hellboy. "Hei internet. Terima kasih atas suara kalian. Ketidakadilan telah berakhir dan akan kami diperbaiki. Terima kasih juga untuk @Ed Skrein untuk melakukan sesuatu yang benar," ujar David Harbour melalui Twitter.

"Ed datang kepada kami dengan penuh keyakinan tentang keputusannya tersebut. Kami sangat mendukung langkahnya yang sama sekali tudak mementingkan dirinya sendiri. Kami akan melakukan kasting ulang dan memilih aktor yang sesuai dengan materi sumber," ujar produser Larry Gordon, Lloyd Levin, Millenium dan Lionsgate dalam sebuah pernyataan

resmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement