Ahad 27 Aug 2017 13:33 WIB

2017 Jadi Tahun Festival Bagi Kabupaten Bima

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
⁠⁠⁠Dua warga Buncu, Bima, NTB tengah memainkan atraksi kesenian tradisional Parise Buncu.
Foto: Pemkab Bima
⁠⁠⁠Dua warga Buncu, Bima, NTB tengah memainkan atraksi kesenian tradisional Parise Buncu.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri mengatakan, 2017 menjadi tahun festival, baik budaya maupun pariwisata bagi Kabupaten Bima. Indah menjelaskan, selama tahun Ini, Pemkab Bima menggelar berbagai macam festival untuk pengembangan potensi wisata Bima, antara lain Festival Gunung Sangiang, Pawai Rimpu, Katente Tembe di Sape dan Lambu, Festival Tanjung Langgudu, Festival Teluk Bima, Festival Uma Lengge, dan juga Pacuan Kuda Pantai yang dilaksanakan di Pantai Sandue.

"Alhamdulillah festival ini sebagian besar lahir dari ide elemen masyarakat, para seniman, budayawan, dan semua pihak yang peduli akan eksistensi seni budaya dan pariwisata," ujar Indah dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Mataram, Ahad (27/8).

Indah menegaskan, sejumlah festival yang digelar sepanjang tahun merupakan bukti nyata akan komitmen Pemkab Bima dalam meningkatkan pengembangan sektor pariwisata. Indah berharap, pagelaran festival yang menonjolkan potensi daerah dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bima.

Indah menambahkan, sejumlah perbaikan terus ditingkatkan dalam setiap penyelenggaraan festival. Contohnya Festival Uma Lengge II Tahun 2017 yang baru selesai pada Sabtu (26/8) kemarin, Indah menilai gemerlap dan semarak Festival Uma Lengge II jauh lebih memukau dengan balutan kreatifitas dan atraksi kesenian yang menarik. Pemkab Bima mendukung langkah positif setiap elemen dalam rangka memajukan daerah serta mempromosikan berbagai potensi wisata Bima.

Indah juga mengajak masyarakat sekitar objek destinasi wisata untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada, seperti menjajakan kuliner khas daerah, busana, cinderamata, dan homestay bagi para wisatawan.

"Sehingga pariwisata dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar," kata Indah.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement