Sabtu 26 Aug 2017 04:18 WIB

Korea Festival 2017 Siap Digelar Sebulan Penuh

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Sejumlah mahasiswi menari tarian asal Korea berjudul
Foto: Antara/Regina Safri
Sejumlah mahasiswi menari tarian asal Korea berjudul "Buchaecum" pada International Culture Festival di Graha Sabha UGM Yogyakarta, Selasa (1/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rangkaian acara Korea Festival kembali digelar tahun ini. Mulai 2 September hingga 1 Oktober 2017, berbagai perhelatan yang memperkenalkan budaya Korea akan diadakan di beberapa tempat di Jakarta.

Pada 2-3 September, Kedutaan Besar Republik Korea Selatan untuk Indonesia bersama lembaga Korea Creative Content Agency (KOCCA) berencana mengadakan K-Content Expo 2017. Setelah sukses pada tahun lalu, kini acara yang terbuka untuk umum itu bakal menghadirkan lebih dari 40 perusahaan konten kreatif Korea sebagai exhibitor.

"Perusahaan tersebut terbagi atas K-pop, TV Content, Game, Animation & Character, Comic, serta Beauty," ujar perwakilan dari KOCCA Indonesia Deborah di Kantor Kedubes Korea Selatan, Jakarta, Jumat, (25/8). Ia menambahkan, beberapa perusahaan besar hiburan Korea seperti SM Entertainment, CJ E&M, serta KBS Media juga turut meramaikan K-Content Expo tahun ini.

Agar semakin semarak, KOCCA Indonesia juga menggelar Music Bank in Jakarta pada 2 September. Para artis K-pop seperti EXO, NCT 127, serta B.A.P akan menyapa penggemarnya lewat lagu-lagu hitsnya.

Bagi para pecinta film Korea, Kedubes Korea juga menyelenggaran Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2017 pada 14 sampai 17 September. Nantinya para pengunjung bisa menonton beberapa film Korea secara gratis di bioskop CGV di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, serta Surabaya.

Korean Cultural Center (KCC) sebagai panitia KIFF menjelaskan, event tersebut sudah diadakan sejak 2013. Dengan okupansi kursi rata-rata mencapai 70 persen dan mengambil peran dalam 'Korean Wave' di Indonesia. Selanjutnya pada 21 September hingga 24 September giliran Korea Festival: Travel, Food, and Hanbok yang dihelat. Bertempat di Lotte Avenue Shopping, Jakarta, beragam pertunjukkan bakal dihadirkan.

Mulai dari pertunjukkan tim Nonverbal Korea The Painters: Hero, Taekwondo, musik tradisional Korea Samulnori, sampai penampilan dari School of Performing Arts Seoul (SOPA). Lembaga Korea Tourism Organization (KTO) sebagai panitia juga mengatakan, peragaan busana Hanbok, demo K-beauty, serta K-food juga akan memeriahkan festival.

"Kami harap Korea Festival tahun ini sukses mempromosikan pariwisata Korea. Dengan begitu semakin banyak wisatawan Indonesia berkunjung ke Korea," ujar Direktur KTO Jakarta Kim Jong Hoon kepada wartawan. Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Choi Taiyoung menyatakan, beragam rangkaian acara tersebut dapat lebih mendekatkan hubungan Indonesia dengan Korea Selatan. Ia memastikan, festival Korea tahun ini lebih meriah.

"Ini demi kebaikan hubungan kedua negara dan sangat bermanfaat untuk Indonesia," ujar Choi dalam Konferensi Pers di Gedung Kedubes Korea Selatan, Jakarta, (25/8). Dirinya berharap pengunjung festival semakin banyak, sebab menurutnya semua acara itu cocok untuk liburan keluarga di akhir pekan.

Tahun ini, Korea Festival bakal mengadakan pula K-Fish Festival pada 30 September sampai 1 Oktober di Lotte Mart Bintaro dan Korea-Indonesia Media Installation Art Exhibition pada 7 September hingga 17 September di Edwin's Gallery. Kemudian pada 4 sampai 5 September, Korea Brand & Entertainment Expo juga akan digelar di Sheraton Hotel Gandaria City, serta menampilkan Super Junior D&E dan aktris Song Jihyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement