Rabu 02 Aug 2017 14:55 WIB

Perilaku Ini Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia

Rep: Desy Susilawati/ Red: Esthi Maharani
Aktivitas sederhana sekalipun dapat membuat orang bahagia karena teralihkan dari pikiran negatif (Ilustrasi)
Foto: CORBIS.COM
Aktivitas sederhana sekalipun dapat membuat orang bahagia karena teralihkan dari pikiran negatif (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Semua orang ingin bahagia. Itulah sebabnya mengapa ilmu kebahagiaan mendapat perhatian lebih dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan para peneliti telah mulai menghasilkan laporan tentang kebahagiaan di seluruh dunia.

Ada beberapa perilaku sederhana yang dianggap sains bisa membuat Anda lebih bahagia

- Menjaga hubungan baik dengan orang lain

Sebuah studi besar mengikuti ratusan pria selama lebih dari 70 tahun, dan menemukan yang paling bahagia (dan paling sehat) adalah orang-orang yang membina hubungan yang kuat dengan orang-orang yang mereka percaya untuk mendukung mereka.

- Waktu mengalahkan uang

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang lebih bahagia lebih memilih untuk memiliki lebih banyak waktu dalam hidup mereka daripada lebih banyak uang. Bahkan mencoba hidup dari pola pikir itu nampaknya membuat orang lebih puas.

- Berbuat baik meningkatkan mood

Berikan teman Anda tumpangan ke bandara atau luangkanlah waktu untuk mendengarkan teman Anda bercerita. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berbuat baik meskipun sepele bisa membuat seseorang lebih bahagia.

- Meningkatkan aktivitas

Studi menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas fisik berhubungan dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Olahraga cenderung membantu mengurangi gejala beberapa penyakit jiwa juga.

- Carilah pengalaman, bukan sekadar belanja 

Orang cenderung lebih bahagia jika mereka membelanjakan uang mereka untuk pengalaman daripada hal-hal yang sifatnya material. Periset juga menemukan bahwa membeli barang-barang yang memungkinkan Anda memiliki pengalaman - seperti sepatu panjat tebing atau buku baru untuk dibaca - juga dapat meningkatkan kebahagiaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement