Ahad 30 Jul 2017 11:32 WIB

Kiat Memasak Beras Jadi Nasi yang Pulen

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Nasi yang pulen akan menambah kenikmatan makan.
Foto: dok Republika
Nasi yang pulen akan menambah kenikmatan makan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasi yang pulen, yang tidak lembek atau keras, membuat selera makan bertambah. Bagi orang Indonesia, nasi pulen adalah kenikmatan bersantap yang tidak bisa dibantah.

Chef Gregory GN Art membagi tips memasak nasi yang pulen. "Jika ingin memasak beras lebih pulen lagi lebih baik sebelum menanak nasi beras direndam dahulu dalam air kira-kira 1 jam baru dimasak," ujarnya kepada Republika.co.id, Ahad (30/7).

Ia mengatakan untuk hasil yang lebih maksimal, lebih baik menggunakan cara tradisional yaitu dengan mengaronkan nasi. Karena menurutnya memasak nasi aron itu lebih nikmat bukan dengan rice cooker. Perubahan zaman namun membuat teknik memasak nasi secara tradisional tergantikan dengan rice cooker.

Ia menambahkan nasi itu karbohidrat dengan tingkat kandungan gula tinggi. Karena itu ketika makan nasi saja maka rasa manis akan terasa ketika nasi bercampur enzim di mulut.

Bila zaman sekarang orang cenderung menyukai makan nasi panas yang baru selesai dimasak, maka tak sama dengan orang zaman dulu. Orang zaman dulu, sebelum makan nasi yang baru matang dikipas-kipas nasinya sambil dibolak balik agar dingin.

"Itu akan membuat nasi lebih terasa pulen dan mengurangi glukosa di nasi dan dipastikan nasi akan lebih sehat," tambahnya. Penyakit diabetes tidak pandang usia jadi tidak ada salahnya memperhatikan makanan kita dari sekarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement