Selasa 25 Jul 2017 12:47 WIB

Cokelat Ikonik Ini 22 Tahun Lalu Diracik Lebih Sehat

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Cokelat KitKat
Foto: Antara
Cokelat KitKat

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pemilik toko loak, Emman Duncan, menemukan cokelat Kitkat yang sudah kedaluwarsa sejak 22 tahun atau tepatnya 1 Oktober 1995. Cokelat tersebut ditemukan di tumpukan peralatan masak yang sudah tua.

Seperti dilansir dari laman News.com.au, penemuan kudapan manis tersebut membuat geger dunia maya. Pasalnya, cokelat tersebut ternyata memiliki kalori dan gula lebih rendah dari versi terbaru 2017.

Cokelat yang dibungkus berwarna merah yang khas itu memperlihatkan berbahan dasar cokelat susu, sedangkan versi sekarang diolah dengan bahan utama dari gula. Tak hanya itu, perbandingan cokelat Kitkat versi lama terlihat dari ketebalan wafer berukuran 6,5 gram lebih berat dari versi Kitkat 2017.

"Kami mendapatkan beberapa barang indah di toko tapi semua orang sudah 'gila' dengan KitKat tua," ujar ibu satu aak yang mengelola toko bergaya shabby stylish The Den di Warsop, Nottinghamshire, Inggris.

Namun Emma mengaku tidak mengonsumsi Kitkat lawas tersebut sejak menemukannya pekan lalu. "Saya pencinta cokelat tapi yakin saya akan menderita sakit perut setelah memakannya. Aku harus memastikan anak laki-laki saya yang berusia delapan tahun, Caiden, tidak mengonsumsinya juga," ucap Emma.

"Saya sekarang dikenal sebagai KitKat Woman, yang membuat saya tersenyum dan bangga," katanya.

Seperti diketahui, KitKat merupakan wafer wafer berlapis cokelat yang dibuat oleh Rowntree's of York, Inggris, pada tahun 1935 dan sekarang diakuisisi oleh Nestle.

Kitkat memiliki empat baris yang masing-masing berukuran sekitar 1 cm kali 9 cm atau sejari manusia. Model tersebut dibentuk setelah seorang pekerja Rowntree menaruh saran di kotak rekomendasi. Dengan harapan makanan kecil ini bisa dibawa dalam tas saat sedang bekerja.

Cokelat ini pun diluncurkan pada 29 Agustus 1935, dengan judul Rowntree's Chocolate Crisp. Dijual di London dan di seluruh Inggris Selatan.

Pada 1930, Nestle meluncurkan Kitkat edisi ukuran dua jari dan menjadi populer sejak itu. Namun, resepnya pun diganti pada April tahun ini, untuk pertama kalinya selama lebih dari 30 tahun.

Ukuran KitKat saat ini lebih kecil dibandingkan pada 1995, sekitar 10 persen. Itu berarti kandungan gulanya tetap lebih banyak daripada pendahulunya yang berusia 22 tahun.

Dalam bungkus KitKat edisi terbaru terpampang tulisan 'now with additional milk & cocoa' memiliki kadar gula 21,3 gram. Sementara Kitkat lawas mengandung 22 gram gula pasir.

Sementara, kadar karbohidrat KitKat masa ini adalah 62,7 gram, lebih besar dari keluaran 1990-an yang jumlahnya 59 gram. Ada lebih banyak gula dalam karbohidrat di cokelat ini dengan tambahan 3,3 gram dari senyawa selama dua dekade terakhir.

Telah terjadi penurunan besar dalam ukuran batangan cokelat sementara jumlah karbohidrat meningkat. Penurunan besar dalam ukuran cokelat kontras dengan hanya sedikit pengurangan lemak dan peningkatan karbohidrat.

"Karbohidrat tersebut terutama gula sedangkan ukurannya telah berkurang hampir 10 gram. Ini menunjukkan bahwa Kitkat 1995 sebenarnya lebih sehat daripada setara hari ini," kata ahli gizi Laura Tasker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement