Sabtu 22 Jul 2017 17:48 WIB

Karya Kreator The Muppets Dipamerkan di New York

Sesame Street di Universal Studio Singapura
Foto: rwsentosablog
Sesame Street di Universal Studio Singapura

REPUBLIKA.CO.ID,  NEW YORK -- Sebuah pameran yang menampilkan karya kreator Muppets, Jim Henson, ditampilkan secara permanen di New York pada Sabtu (22/7) waktu setempat. Pameran bernama "The Jim Henson Exhibition" itu bertempat di sebuah ruang galeri baru yang didanai oleh City of New York di Museum of the Moving Image.

Pameran tersebut menampilkan lebih dari 300 barang yang menandai sepanjang sejarah karier Henson, termasuk di dalamnya terdapat 47 boneka, sketsa karakter, papan cerita, skrip, foto-foto, kostum ikonik dan masih banyak lagi.

Klip film dan televisi, serta cuplikan belakang layar ditayangkan pada lebih dari 27 monitor dan proyektor di seluruh galeri. Sarana interaktif di dalamnya membuat pengunjung dapat merasakan pengalaman menjadi dalang boneka pada layar serta mendesain karakter boneka yang mereka inginkan.

Barbara Miller, kurator koleksi dan pameran pada museum tersebut mengatakan pameran tersebut mengeksplorasi karya Henson pada film dan televisi, serta dampak transformatifnya terhadap budaya populer.

Pameran tersebut juga mencangkup materi dari beberapa proyek filmnya yang kurang populer. Tak hanya karya Henson yang banyak difavoritkan seperti Miss Piggy, Kermit, dan Big Bird, yang ditampilkan di sana. Segala hal mengenai Jim Henson terdapat pada pameran tersebut.

"Ada juga gambar Jim Henson yang muncul sebagai pembuat film eksperimental, seperti halnya seorang kreatif yang selalu gelisah dan ingin melakukan hal-hal berikutnya," ujar Miller.

Para karakter ciptaan Henson membintangi "The Muppet Show" di televisi antara tahun 1976 -1981, dan berlanjut pada penampilan mereka di berbagai film termasuk The Muppet Christmas Carol (1992) dan The Muppets (2011).

Henson meninggal 1990 pada usia 53. Dia juga merupakan otak kreatif di balik pertunjukan anak-anak "Sesame Streets".

Pameran yang diselenggarakan Museum of Moving Image itu bekerja sama dengan keluarga Henson yang menyumbang banyak barang peninggalannya pada tahun 2013.

Selain keluarganya, juga beberapa perusahaan dan organisasi yang berkaitan dengan karya Henson seperti The Jim Henson Legacy, The Jim Henson Company, Sesame Workshop, dan The Muppets Studio menyumbangkan karya peninggalan dalang boneka tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement