Rabu 12 Jul 2017 22:06 WIB

Pengunjung Indonesia Weekend Sukai Silat dan Gasing

Ilustrasi.
Foto: Antara/Iggoy El Fitra
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengunjung pekan Indonesia atau Indonesian Weekend yang digelar di London menyukai atraksi bela diri silat dan permainan gasing.

"Dari pengalaman tahun lalu, para pengunjung sangat menanti pertunjukan silat dan permaiman gasing. Untuk itu tahun ini kita kembali menyajikan silat dan permainan gasing," kata Direktur Warisan dan Diplomasi Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Najamudin Ramli di Jakarta, Rabu (12/7).

Tahun ini pada Indonesia Weekend yang digelar pada 22-23 Juli di Potters Field Park, London, Indonesia akan mempertunjukkan 40 jenis gasing dari seluruh Indonesia.

Tak hanya gasing akan ada 15 permainan tradisional lainnya yang akan dipertunjukkan pada perhelatan tersebut. Selain itu, Indonesia membawa chef Degan yang akan menyajikan gado-gado, soto betawi dan rendang.

"Kami juga akan mengajarkan mereka membuat bumbu makanan ini. Sehingga mereka bisa membawa cita rasa Indonesia ke dapur mereka," kata Degan.

Pekan Indonesia pada tahun lalu sukses menarik 30 ribu pengunjung, pihaknya pun menargetkan tahun ini akan ada lebih banyak pengunjung yang datang. Ajang ini merupakan tempat Indonesia untuk mempromosikan budaya dan wisata Indonesia bagi warha Inggris.

Asisten deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata Nia Niscaya mengatakan pengunjung Pekan Indonesia tahun lalu kebanyakan dari penduduk lokal yaitu 72,4 persen, kemudian 2,6 persen dari Indonesia dan sisanya dari negara lain.

Menurut dia, masyarakat Inggris adalah yang paling banyak mengunjungi Indonesia dibandingkan dengan masyarakat Eropa lainnya.

"Tahun 2016, hampir 13.800 wisatawan Inggris datang ke Indonesia, mereka rata-rata tinggal lebih lama dari wisatawan lainnya sehingga pengeluaran mereka di Indonesia bisa dua kali lipat dibandingkan wisatawan dari negara lain," jelas Nia.

Bagi masyarakat Inggris, Indonesia dikenal sebagai negara yang hangat. Untuk itu pada Indonesia Weekend kali ini dibuat dengan nuansa pantai, apalagi pada tanggal yang ditentukan diperkirakan suhu cuaca di sana sekitar 27 derajat Celcius.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement