Selasa 11 Jul 2017 14:24 WIB

Pentingnya Orang Tua Antar Anak Saat Pertama Masuk SD

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: Mahmud Muhyidin
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi dan pengamat pendidikan, Itje Chodidjah mengungkapkan alasan pentingnya orang tua mengantar anaknya yang baru masuk Sekolah Dasar (SD). Menurutnya, orang tua harus menyempatkan mengantar anaknya yang baru mengalami kenaikan jenjang pendidikan dari TK ke SD adalah agar Si Kecil mendapatkan rasa nyaman.

"Mengantarkan anak dan mengikuti perasaan anak pada saat menghadapi sesuatu yang baru, terutama dari TK ke SD ini penting. Mengantar itu penting karena sebetulnya menyamankan perasaan dia," kata Itje saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (11/7).

Namun demikian, menurutnya mengantar anak sekolah tidak harus ditunggu hingga pulang sekolah. Sebab, menurutnya jika anak terus ditunggu orang tuanya dari mulai hingga pulang sekolah, tidak melatih anak untuk mandiri. "Kalau menemani tidak terlalu sepakat. Karena jika ditungguin anak di sekolah juga tidak melatih anak untuk mandiri. Karena anak kan juga harus dilatih mandiri juga," terang Itje.

Selain itu, menurutnya dengan diantarnya anak bersekolah, itu juga mengajarkan tentang pemahaman kesepakatan. "Bahwa ini lho ibu ibu dan bapak itu memasukan kamu ke sekolah ini karena setuju dengan sekolah ini. Ini penting jadi anak itu dari awal diberi pemahaman kesepakatan bahwa orang tua memilih sekolah ini karena akan mendidiknya," kata Itje.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement