Jumat 07 Jul 2017 15:19 WIB

Cara Tepat Mengisi Liburan Anak Secara Kreatif

Rep: NOVITA INTAN/ Red: Indira Rezkisari
Liburan sekolah (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Liburan sekolah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Masa liburan sekolah merupakan masa yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Sebab, saat liburan sekolah si kecil bisa mengerjakan kegiatan-kegiatan yang menggembirakan.

Psikolog anak, Edward Andriyanto Sauh, mengatakan ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan oleh orangtua dalam menyiapkan liburan yang bermanfaat bagi anak-anak. Persiapan penting agar liburan tak sekedar menjadi masa lowong tanpa manfaat bagi anak.

"Penting untuk dilakukan pada awal liburan membuat rencana aktivitas selama liburan. Anak dapat diajak untuk terlibat diskusi selama pembuatan rencana. Rencana sebaiknya memfasilitasi keinginan seluruh anggota keluarga. Membuat rencana secara tertulis," ujarnya kepada Republika.co.id.

Menurutnya, perencanaan menjadi bagian penting agar liburan keluarga tidak sia-sia begitu saja. Dalam perencanaan tersebut, si kecil bisa diberikan tugas-tugas ringan agar nantinya menjadi jiwa yang bertanggung jawab kelak dewasa.

"Memastikan rencana terlaksana dan memodifikasi apabila ada halangan, seperti acara keluarga lain, anak sakit atau tugas mendadak dari orangtua," ungkapnya.

Ada beberapa tempat yang bisa menjadi acuan keluarga untuk mengajak si kecil menjadikan liburan yang bermanfaat. Seperti, berkunjung ke tempat sejarah, tempat wisata permainan yang menghadirkan pantai, taman, hutan kota dan kebun binatang.

"Bisa juga orang tua pergi ke museum yang ada di Jakarta maupun luar Jakarta. Apabila tidak ada rencana liburan, orangtua bisa juga mengajak merapihkan rumah atau menghias rumah," ucap dia.

Selanjutnya, para orangtua bisa memberikan evaluasi setelah perjalanan liburan usai. Ini menjadi bagian penting juga agar si kecil dan keluarga lainnya bisa terinsipirasi tempat liburan lainnya.

"Melakukan evaluasi setelah aktivitas terlaksana dan pada akhir liburan. Adakah aktivitas atau tempat lain yang terinspirasi dari liburan tahun ini," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement