Selasa 04 Jul 2017 08:36 WIB

Cara Tunjukkan Kepedulian pada Sang Ayah

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.
Foto: corbis
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayah adalah sosok mencintai dan mendukung putra-putrinya melewati masa-masa sulit. Dia akan melakukan apapun untuk anaknya, memberi semangat positif juga teladan.

Anak terkadang merasa jauh dari ayahnya atau lebih tepatnya menjauhkan diri. Ibu dianggap lebih dekat, sehingga setiap komunikasi Anda mulai dengan ibu. Bagaimana dengan ayah? Bagaimana membuatnya merasa spesial? Tunjukkan kepedulian Anda pada ayah, dilansir dari Womanitely, Selasa (4/7).

1. Renungkan

Pertama, luangkan waktu Anda untuk merasakan dan memikirkan sang ayah. Tanyakan pada diri beberapa pertanyaan reflektif, kemudian bagikan pemikiran ini dengannya.

Apa yang Anda sukai dari ayah saat ini dan di masa kecil dulu?

Apakah sikap-sikap ayah menyentuh hati dan hidup Anda dengan cara positif?

Apa yang Anda dan ayah Anda suka lakukan bersama?

Apa hal dari ayah yang paling membuat Anda bangga? Apa pula yang membuat ayah Anda bangga dengan anaknya?

Apa kenangan tak terlupakan tentang ayah?

2. Memaafkan

Tidak ada ayah sempurna, sehingga beberapa sikap ayah yang kurang berkenan di hati Anda perlu dimaafkan. Memaafkan akan memperbaiki hubungan dan akhirnya membuat ayah dan anak dekat kembali.

3. Berbagi

Berbagi kenangan dan pengalaman bisa merumuskan rasa manis antara ayah dan anak. Buat beberapa kenangan baru bersama ayah Anda dengan cara sederhana, misalnya sekadar pergi piknik ke pantai melihat matahari terbenam, pergi jalan-jalan bersama, atau menghabiskan sore dengan melakukan hal yang sama-sama kalian sukai.

4. Terhubung

Tetap terhubung dengan ayah memiliki makna dalam. Anda bisa memberi tahu apa saja yang sedang Anda lakukan pada ayah, kirim pesan singkat atau telepon singkat bahwa Anda menyayanginya.

Jika bahasa cinta untuk ayah Anda berupa hadiah, luangkan waktu untuk memikirkan hal unik yang bisa dibelikan dan diberikan untuknya. Dengan menyajikan bahasa cinta lewat berbagai cara, Anda bisa tetap menjalin kasih sayang dan membuat ayah merasa tak pernah kehilangan anaknya.

5. Buat kenangan baru

Tidak ada kata terlambat menciptakan kenangan baru dengan ayah Anda. Hal itu bisa berupa pergi memancing atau berkemah bersama, pergi ke klub membaca atau klub-klub seni bersama. Akan lebih baik jika hal baru itu adalah hal yang disukai ayah Anda.

Jadikan waktu berkualitas bersama ayah Anda sebagai bagian dari rutinitas akhir pekan atau rutinitas bulanan Anda. Menghabiskan waktu bersama ayah, sesekali menjadikannya prioritas akan menghargai waktu yang sudah Anda habiskan bersamanya.

Hubungan dengan ayah sangat istimewa. Ada sesuatu dalam diri ayah Anda yang tak dimiliki ayah-ayah lain, jadi beri tahu dia betapa Anda peduli dan menghargainya. (Mutia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement