Rabu 21 Jun 2017 03:18 WIB

Waspadai Tertimpa Musibah Jika Liburan ke Negara Ini

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Turis menikmati indahnya mozaik Guell Park di Barcelona, Spanyol.
Foto: EPA
Turis menikmati indahnya mozaik Guell Park di Barcelona, Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, Berlibur ke luar negeri memang gaya dan menyenangkan. Namun, pastikan Anda menentukan negara tujuan liburan dengan tepat yang memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan memadai bagi wisatawan.

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan laman comparethemarket.com, satu dari 10 wisatawan asal Inggris mengalami musibah saat berlibur ke negara lain di Eropa. Bencana itu mulai dari sakit, terluka, kehilangan barang karena teledor, sampai kecurian.

Survei dilakukan terhadap 8.000 warga Inggris untuk mengungkap negara mana yang kerap jadi perangkap' bagi turis. Ternyata, Spanyol menduduki peringkat musibah teratas, disusul Kepulauan Canary, Yunani, dan Italia.

Spanyol adalah tujuan liburan di mana seseorang kemungkinan besar jatuh sakit, kehilangan paspor, dan uangnya raib dicuri. Negara lain yakni Prancis tercatat sebagai 'kota kecelakaan mobil', sementara kebanyakan kecelakaan berbasis aktivitas fisik sering di Austria.

Rusia muncul sebagai negara tujuan wisata yang paling mungkin terganggu oleh masalah penerbangan, bisa berupa penundaan penerbangan atau pembatalan. Pelancong juga mengeluhkan barang bawaannya kerap hilang saat menggunakan jasa operator penerbangan Rusia.

Jajak pendapat tersebut turut mengungkap bahwa 47 persen wisatawan Inggris menghindari makanan tertentu saat berada di luar negeri karena takut keracunan. Sam Grant, Head of Travel di comparethemarket.com menganjurkan persiapan matang sebelum liburan agar hal-hal demikian tidak mengganggu.

"Beberapa insiden memang terjadi di luar rencana, tetapi selalu pastikan Anda siap saat hal buruk terjadi. Gunakan jasa asuransi perjalanan, awasi barang-barang, dan gunakan brankas hotel," ujarnya, dikutip dari laman Daily Record.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement