Ahad 11 Jun 2017 10:44 WIB

Cantik dengan Hijab dalam Hitungan Menit, Ini Tipsnya

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Gita Amanda
Social Media Influencer, Hamidah Rachmayanti, memberikan tips mengenakan hijab di acara Hijup Ramadhan Festival
Foto: Republika/ Adysha Citra Ramadani
Social Media Influencer, Hamidah Rachmayanti, memberikan tips mengenakan hijab di acara Hijup Ramadhan Festival

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampil cantik dengan hijab tak harus selalu dengan kreasi hijab yang rumit dan banyak jarum. Cukup dengan dua buah jarum, sehelai hijab bisa dikreasikan dengan menawan untuk segala situasi.

Social Media Influencer, Hamidah Rachmayanti, mengatakan kunci tampil cantik dengan hijab ialah memilih bahan yang tak hanya terlihat cantik tetapi juga nyaman. Bahan yang dipilih pun perlu disesuaikan dengan situasi atau kegiatan yang akan dijalani.

"Untuk acara formal biasanya menggunakan bahan-bahan yang kelihatan shiny (mengkilat)," kata Hamidah saat ditemui di booth Aidijuma dalam acara Hijup Ramadhan Festival 2017, di Senayan City Mall beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk kegiatan semi formal dan kasual, Hamidah menyarankan penggunaan hijab dengan bahan yang mudah diatur. Penggunaan hijab yang mudah diatur akan membuat tampilan hijab rapi lebih lama, meski melakukan banyak aktivitas.

"Contohnya (bahan) katun dan linen," ujar Hamidah.

Setelah memilih bahan dan motif yang sesuai, Hamidah mencontohkan tiga cara penggunaan hijab yang cepat dan simpel namun tetap terlihat anggun. Dalam kesempatan tersebut, Hamidah menggunakan scarf atau kerudung segi empat dari merek hijab, Aidijuma.

Ada tiga model hijab yang biasa digunakan dalam sehari-hari menurut Hamidah, ketiganya antara lain:

- Hijab Syar'i

Hijab syar'i merupakan gaya berhijab yang panjang hingga menutupi bagian dada. Untuk membuat kreasi hijab syar'i ala Hamidah hanya membutuhkan inner atau ciput, sehelai hijab persegi empat dan dua buah jarum pentul.

Tahap pertama ialah mengenakan ciput yang nyaman sesuai dengan preferensi masing-masing. Setelahnya, lipat hijab segi empat hingga membentuk segitiga yang agak lebar.

"Segitiga, tapi ujung tidak ketemu ujung supaha hasilnya lebar," ujar Hamidah.

Langkah selanjutnya, posisikan hijab yang sudah berbentuk segitiga di atas kepala dengan sisi kanan lebih pendek sedangkan sisi kiri lebih panjang. Tarik sisi kanan hijab yang pendek ke dekat telinga kiri dan sematkan satu buah jarum dari luar.

Silangkan ujung sisi kiri hijab ke pundak kanan dan sematkan jarum pentul. Hasilnya, hijab terlihat syar'i dan juga trendy untuk berbagai suasana.

- Hijab Kasual

Hijab bergaya kasual cocok untuk digunakan dalam melakukan aktivitas sehari-hari hingga hang out bersama teman. Untuk meniru hijab kasual ala Hamidah, yang diperlukan hanya inner atau ciput, sehelai hijab segi empat dan dua buah jarum pentul.

Tahap pertama, lipat hijab segi empat hingga membentuk persegi panjang seperti pashmina. Setelah mengenakan ciput, letakkan hijab yang telah berbentuk persegi panjang ini di atas kepala.

"Sisi kanan lebih pendek dan kiri lebih panjang," kata Hamidah.

Satukan kedua sisi di bawah dagu dan sematkan jarum pentul. Setelah jarum pentul terpasang kuat, ambil sisi kiri kerudung dan lingkarkan hingga ke atas kepala bagian belakang lalu sematkan jarum pentul.

- Hijab Formal

Hijab bergaya formal bisa digunakan untuk menghadiri acara-acara resmi hingga acara berkumpul di hari raya bersama keluarga. Untuk kreasi hijab formal ala Hamidah yang diperlukan ialah inner atau ciput, hijab segi empat dan satu buah jarum pentul.

"Pilih bahan yang lebih mengkilat seperti satin, supaya kelihatannya mewah," ujar Hamidah.

Langkah pertama, lipat hijab hingga membentuk segitiga dengan simetris sehingga ujung depan dan ujung belakang bertemu. Setelah mengenakan ciput, letakkan kerudung di atas kepala dengan sisi kiri lebih pendek dibandingkan sisi kanan.

Ambil sisi kanan yang lebih panjang dan lingkarkan ke bagian leher hingga ujung hijab kembali terlihat di bahu kanan. Bawa sisi kanan hijab ke sisi kiri hijab yang lebih pendek dan ikat kedua ujung sisinya dengan rapi.

"Untuk motif, aku lebih prefer yang anggun," kata Hamidah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement