Jumat 26 May 2017 18:01 WIB

Kue Lumpur Sidoarjo di Kaum Jakarta

Kue lumpur dan bubur ketan hitam Kaum Jakarta.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Kue lumpur dan bubur ketan hitam Kaum Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum afdol rasanya jika sehabis makan mulut tidak mencicipi hidangan penutup. Lupakan cake khas barat atau es krim impor untuk membasuh mulut sebelum pulang. Kaum Jakarta memiliki pilihan hidangan pencuci mulut lokal yang rasanya tak kalah.

Brand Director Kaum, Lisa Virgiano, merekomendasikan kue lumpur dan bubur ketan hitam sebagai hidangan penutup andalan jika bersantap di Kaum. Lisa mengaku kue lumpur adalah makanan kesukaannya. Bahkan Lisa memiliki penjual kue lumpur di Sidoarjo yang membuatnya rela terbang ke Surabaya hanya untuk melahapnya.

Kue lumpur diterangkannya merupakan kue tradisional Indonesia yang sebenarnya terinspirasi dari makanan Portugis yaitu egg tart. Bedanya kue lumpur yang banyak terhidang di pasar diracik menggunakan komposisi kentang dan tepung terigu yang lebih banyak. Sedang egg tart umumnya bertekstur lebih lembut dari kue lumpur.

Kue lumpur khas Kaum pun dibuat menyerupai kue lumpur di Sidoarjo yang disukai Lisa. "Dibuatnya dari santan, telur, terigu, dan gula," kata Lisa. Teksturnya lembut, meleleh di mulut seperti egg tart Portugis dengan rasa manis yang pas.

Sebagai pendampingnya tersaji semangkuk bubur ketan hitam dengan saus santan kental. Menurut Lisa penggunaan bahan premium membuat kue lumpur dan bubur ketan hitam Kaum terasa berbeda. Seporsi kue lumpur dan bubur ketan hitam bisa dicicipi dengan harga Rp 45 ribu per porsi.

Kaum Jakarta sejauh ini baru memiliki tiga pilihan hidangan penutup. Dua lainnya adalah lapis surabaya dengan selai nanas madu dan klappertaart khas Manado.

Anda bisa menikmatinya dengan sejumlah teh lokal premium. Atau dengan beragam pilihan kopi yang disajikan Kaum dengan menggandeng kedai kopi 1/15.

Kaum Jakarta yang dibawahi grup Potato Head ini terletak di Jalan Dr Kusuma Atmaja No.77-79, Menteng, Jakarta Pusat. Saat ini Kaum baru buka untuk jam makan malam, yakni sejak pukul 18.00 hingga 24.00 di hari kerja dan hingga pukul 02.00 di akhir pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement