Selasa 23 May 2017 08:50 WIB

Jus Buah Dilarang untuk Bayi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Jus buah
Foto: dream
Jus buah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan untuk bayi terbilang cukup rumit, sebab tidak semua bisa dikonsumsi, termasuk jus buah. Bayi di bawah usia satu tahun tidak diperbolehkan meminum jus buah.

American Academy of Pediatrics memutuskan jika anak dibawah satu tahun tidak seharusnya diberikan jus buah. Sebelumnya APP memperbolehkan pemberian jus buah untuk bayi di atas enam bulan, namun pernyataan itu diperbarui.

Pembaruan itu dilakukan atas dasar penelitian jika jus buah untuk anak di bawah satu tahun tidak memiliki manfaat apa pun. Hasil yang dirilis dalam jurnal Pediatric menunjukkan jika  bayi berusia kurang dari enam bulan seharusnya hanya meminum susu formula atau ASI sebagai sumber nutrisi utama mereka.

Untuk balita berusia antara satu sampai tiga tahun, dokter menyarankan tidak lebih dari empat ons 100 persen jus buah asli per hari. Dokter penelitian tersebut pun sangat menyarankan agar jus tidak digunakan untuk menenangkan balita yang lebih tua atau diberikan sepanjang hari, dikutip dari Time, Selasa (23/5)

Maksimum jus diberikan sebanyak enam ons untuk anak-anak berusia antara empat hingga enam tahun. Sedangkan untuk anak berusia tujuh tahun hanya bertambah dua ons menjadi dan delapan ons per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement