Ahad 07 May 2017 11:37 WIB

Anak yang Memiliki Keterampilan Sosial Lebih Mudah Meraih Sukses

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Winda Destiana Putri
Anak-anak/ilustrasi
Anak-anak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Untuk meraih kesuksesan, ternyata kerja keras saja tak cukup. Menurut Psikologi Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, anak yang memiliki keterampilan sosial bagus akan lebih mudah meraih kesuksesan dalam kehidupannya.

Hal tersebut diungkapkan psikolog tersebut, ‎dalam Parenting Seminar SGM Eksplor bertajuk "Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Generasi Maju" di Hotel Haris, akhir pekan kemarin. Anna menilai, agar seorang anak memiliki keterampilan sosial, maka peran orang tua sangat penting dalam mengajarkan dan melatig ‎keterampilan  anak sedini mungkin. "Sukses akan lebih mudah diraih jika anak memiliki keterampilan sosial yang baik atau bagus. Itu adalah fakta bukan mitos," ujar Anna.

Anna mengatakan, keterampilan anak sendiri tak terkait dengan kepribadiannya seperti introver maupun ekstrovert. Namun kepribadian dan keterampilan anak bisa di latih dan dikembangkan. ‎‎"Jadi enggak masalah dia introvet atau ekstrovet karena belum tentu itu berkaitan dengan keterampilan sosial anaknya," katanya.

Dalam seminar tersebut, Anna pun memberikan sejumlah cara untuk melatih keterampilanan anak di usia satu hingga tahun. Pertama yakni mengajarkan anak untuk berteman dan bekerja sama. ‎"Sering-sering lah mengajak si kecil berkumpul dengan orang lain, perlihatkan keakraban bunda dengan orang lain," katanya.

Anna pun meminta kepada orang tua untuk tak memaksakan anak untuk berteman. Namun, gunakan cara halus dan santai sehingga si anak bisa berteman dengan nyaman dengan teman sebaya mungkin. "‎Kalau Ia sudah nyaman maka ia akan mudah untuk berteman dengan teman sebayanya," katanya.

Selain itu, kata dia, orang tua di harapkan jangan meninggalkan anak secara diam-diam saat akan beraktifitas. Sebaiknya jujur terhadap si kecil dengan menjelaskanya secara baik-baik. ‎"Jelaskan baik-baik jika anda akan bekerja atau keluar rumah," katanya.

‎Keterampilan sosial pun, kata dia, bisa diajarkan orang tua dengan mengajarkan anak untuk berkompetisi sehat kepada anak dan mengajarkan anak sabar untuk mengantre. ‎Dengan keterampilan sosial pada anak, maka di harapkan anak-anak mampu bekerja sama dengan orang lain di masa tumbuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri dan kreatif.

Keterampilan sosial, kata dia, sangat penting dimiliki oleh anak-anak Indonesia karena dengan memiliki hal tersebut maka diharapkan anak-anak mampu bekerja sama dengan orang lain di masa tumbuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri, kreatif dan andiri.

Sementara itu, Marketing Manager SGM Eksplor Astrid Prasetyo mengatakan Parenting Seminar tersebut adalah bentuk dukungan pihaknya kepada orang tua di Indonesia untuk bisa mendampingi anak sesuai dengan pola asuh dan pemenuhan nutrisi yang tepat agar mereka mampu bersosialisasi dengan baik dan tumbuh menjadi Anak Generasi Maju yang supel, kreatif dan mandiri. Acara ini, akan digelar di beberapa kota besar. Di antaranya, Padang, Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement