Ahad 07 May 2017 10:27 WIB

Terlalu Protektif Bisa Sebabkan Anak Gampang Sakit

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Tiga orang anak bermain sepatu roda di taman BKT Duren Sawit Jakarta, Selasa (25/4).
Foto: Republika / Darmawan
Tiga orang anak bermain sepatu roda di taman BKT Duren Sawit Jakarta, Selasa (25/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memberikan perlindungan terhadap anak dari segala bahaya dan ancaman penyakit merupakan sebuah kewajaran bagi orangtua untuk menjaga anaknya agar tetap sehat. Namun, perlindungan yang berlebih juga dapat menyebabkan kekebalan tubuh anak menjadi menurun sehingga anak mudah terserang penyakit. 

"Jangan terlalu protektif, anak boleh kena kuman sedikit," kata Spesialis Anak dari RS Anak & Bunda Harapan Kita Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) di Jakarta.

Perlindungan berlebih yang dimaksud di sini yaitu tidak membiarkan anak terkena kotor sedikitpun, tidak memperbolehkan anak bermain di lantai, selalu mencuci tangan anak dalam setiap aktivitas atau larangan-larangan ekstrim lainnya.

Menurut  Ariani pada dasarnya anak memiliki daya tahan tubuh sendiri sehingga dalam batasan tertentu bisa bertahan dari serangan kuman penyebab penyakit.

Seperti halnya saat bayi, Ariani menjelaskan, mereka sudah diperkenalkan dengan bakteri baik yang terdapat di dalam air susu ibu atau ASI. Proteksi berlebih justru membuat tubuh anak tidak terlatih dengan penyakit.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement