Jumat 05 May 2017 10:05 WIB

Menikmati Sunrise di Gucialit Berlatar Puncak 3 Gunung

Pemandangan dari Bukit Inspirasi di kawasan wisata Gucialit dengan latar puncak gunung Lemongan, Argopuro dan Raung
Foto: Republika/Hazliansyah
Pemandangan dari Bukit Inspirasi di kawasan wisata Gucialit dengan latar puncak gunung Lemongan, Argopuro dan Raung

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG, JAWA TIMUR -- Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menyimpan berbagai destinasi wisata indah nan hijau dengan nuansa petualangan yang membungkus selama perjalanan.

Setelah terpuaskan dengan eksotisme air terjun Tumpak Sewu di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, kini saatnya bergeser ke arah utara Lumajang.  Adalah di kawasan wisata Gucialit, Desa Kertowono, Kecamatan Gucialit, Lumajang. Lebih tepatnya lagi di Perkebunan Teh Kertowono PTPN XII.

(baca: Tak Cuma dari Atas, Menikmati Tumpak Sewu dari Bawah tak Kalah Indah)

Di lokasi ini, para penikmat alam khususnya pecinta fotografi akan dimanjakan dengan landscape kebun teh yang ada di ketinggian dengan latar gunung Lemongan, Argopuro dan Raung di sebelah timur, serta gagahnya Gunung Semeru di sebelah barat.

Semua itu dapat kita lihat dari titik panorama, satu pendopo kecil yang disebut Bukit Kampung Baru (KBR) atau oleh masyarakat setempat kerap disebut Bukit Inspirasi di ketinggian 700 mdpl. Menarik bukan!

Entah apa yang melatarbelakangi penyebutan Bukit Inspirasi. Namun lukisan alam yang begitu indah dengan gradasi warna matahari terbit serta hijaunya hamparan kebun teh yang segar, akan membuat siapapun yang menginjakkan kaki di sini akan menemukan ketenangan yang memuaskan jiwa.

Untuk bisa sampai ke Pondok Inspirasi, anda harus menggunakan mobil penggerak 4 roda. Hal ini karena jalur yang dilewati menanjak dengan jalanan berkontur tanah yang terkadang memiliki tingkat kedalaman berbeda.

Dari pintu masuk PTPN XII atau tempat menginap yang banyak dikelola Pokdarwis setempat, termasuk penyewaan jeep, waktu tempuh ke Pondok Inspirasi sekitar 30 sampai 45 menit. Udara dingin yang menusuk, dengan jalan berkelok dan hamparan kebun teh di sekeliling akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

 

Wisatawan berfoto dengan latar Gunung Lemongan, Argopuro dan Raung (ist/Sendy Aditya Saputra)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement