Ahad 23 Apr 2017 19:26 WIB

Baca Buku Sambil Wisata

Membaca buku
Foto: ist
Membaca buku

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Komunitas pecinta buku NoMade menerapkan konsep membaca buku gratis sambil berwisata dengan membuka perpustakaan sederhana di kawasan objek wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Teman-teman di NoMade sengaja menggelar perpustakaan di tempat wisata yang kami kira akan memberi kesan berbeda cara membaca buku," kata Agus salah satu pendiri komunitas NoMade di kawasan wisata alam perkebunan My Darling di Kecamatan Cilawu, Garut, Ahad (23/4).

Ia menuturkan, komunitasnya sudah berjalan satu bulan dengan anggota berjumlah 14 orang dari berbagai kalangan usia maupun pendidikan di Garut. Komunitas tersebut, kata dia, terbentuk karena memiliki kesamaan senang membaca buku dan kepeduliannya kepada masyarakat untuk meningkatkan minat baca.

"Kami ingin orang senang baca buku, karena dengan baca buku banyak manfaatnya," katanya.

Ia mengungkapkan, komunitasnya itu pernah menggelar perpustakaan gratis di acara Car Free Day di kawasan pusat Kota Garut, tetapi tidak berlangsung lama karena bising sehingga membuat pembaca tidak nyaman. Selanjutnya, kata dia, sepakat menggelar perpustakaan di kawasan wisata alam perkebunan My Darling kepanjangan dari Masyarakat Sadar Lingkungan di Cilawu.

"Di sini (My Darling) baru pertama kali menggelar baca buku gratis, nanti kedepannya akan mendatangi tempat wisata lainnya," kata Agus.

Ia berharap, keberadaan perpustakaan di tempat wisata dapat menambah fasilitas menarik yang dapat dinikmati wisatawan. Orang yang berkunjung ke tempat wisata, kata dia, tidak hanya diam menikmati keindahan alam, tetapi dapat sambil membaca buku sehingga menambah wawasan intelektualnya.

"Kami harap wisatawan tidak hanya bermain, tapi bisa bermain sambil belajar, dan baca buku di tempat sejuk ini lebih nyaman dan tenang," katanya.

Seorang anak yang menikmati perpustakaan gratis, Khansa Riani Kusuma Duha mengatakan senang ada tempat baca buku gratis di tempat wisata.

"Senang bisa baca di taman, apalagi disediain tenda untuk tempat bacanya," kata pengunjung wisata My Darling asal Garut.

Perpustakaan gratis itu menyediakan puluhan buku dengan berbagai judul buku seperti novel, pengetahuan alam, biografi, dongeng dan komik anak-anak.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement