Ahad 23 Apr 2017 15:07 WIB

Kapan Pizza Delivery Pertama Kali Dikirimkan?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Satu loyang Pizza.
Foto: Allwomanstalk
Satu loyang Pizza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jauh sebelum Hawaiian Pizza dan pizza dengan berbagai rasa kekinian dikenalkan, pizza terlezat pertama kali disebut Margherita Pizza. Sejarah mengatakan bahwa ketika Raja Umberto I dari Italia dan Ratu Margherita dari Savoy berbisnis di Naples pada 1889, keduanya jatuh sakit.

Dilansir dari Mental Floss, Raja dan Ratu kemudian menginginkan makanan khas Italia. Koki Napoli Pizza yang terkenal saat itu, Raffaele Esposito dipanggil untuk membuatkan kue khusus untuk Raja dan Ratu. Esposito kemudian membuat tiga pie berbeda berbahan mozzarella putih, kemangi hijau, dan tomat merah menyerupai bendera Italia dan tampak lezat.

Raja Umberto dan Ratu Margherita tentu saja tak bisa mengunjungi restoran langsung karena sedang sakit. Koki kemudian mengirimkan pie pizza itu ke kediaman Raja dan Ratu. Ketika pizza itu tiba, Ratu Margherita mencobanya dan menyatakan pizza tersebut adalah salah satu hidangan terbaik di dunia yang pernah dia makan.

Beberapa hari setelah menciptakan pizza delivery, Esposito menerima banyak ucapan terima kasih, terutama dari kerajaan. Sejak itulah tradisi pizza delivery mulai dikenal di Italia hingga mendunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement