Rabu 05 Apr 2017 11:36 WIB

JK Rowling Ungkap Cara Jadi Penulis Populer

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
JK Rowling
Foto: Time
JK Rowling

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dahulu kala, pekerjaan sebagai penulis tidak terlalu populer di kalangan masyarakat. Presepsi tersebut mulai bergeser dengan mulai naiknya judul-judul buku yang sukses bahkan diadaptasi ke pelbagai wahan, seperti J.K. Rowling dengan karya Harry Potter.

Meski sudah dalam posisi menjadi penulis populer di seluruh dunia, J.K. Rowling ternyata tidak ingin menyimpan posisi itu sendirian saja. Dia mencoba membagikan tips untuk menciptakan penulis baru di masa depan yang bisa meraih kesuksesan yang sama bahkan lebih hebat lagi.

Berawal dari sebuah cuitan penulis Beauty Jackson yang menuliskan "Hei! Anda sedang mengerjakan sesuatu dan Anda berpikir, ‘Tidak ada yang akan menonton, membaca, mendengarkan.’ Selesai hal itu." Tulisan itu langsung mendapatkan tanggapan dari Rowling melalui akun Twitter-nya.

“Ada begitu banyak di awal 90-an ketika saya membutuhkan seseorang untuk mengatakan ini. Ini nasihat besar untuk pelbagai alasan,” tulis dia dikutip dari EW, Selasa (4/4).

 

Kemudian penulis berusia 51 tahun ini melanjutkan sarannya, jika membuat sebuah karya bukan pekerjaan yang berarti hanya menjaring banyak peminat. Banyak cara lain yang bisa dihasilkan bukan hanya semata-mata untuk disukai banyak orang.

Penulis dengan nama samaran Robert Galbraith ini pun menyatakan jika butuh disiplin penuh untuk terlibat dalam pekerjaan kreatif yang bisa membanggakan diri sendiri. Orang hanya perlu melakukan terus menerus hingga benar-benar bisa menyelesaikan apa yang telah dilakukannya. "Itu adalah bagian luar biasa memberdayakan pengetahuan. Jadi jangan pernah berhenti keluar dan takut ditolak," kata Rowling.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement