Kamis 26 Oct 2023 04:05 WIB

Penulis Dee Lestari Ungkap Kesulitan Menulis Cerita Fiksi

Seorang penulis akan terus belajar seumur hidup.

Penulis dan penyanyi Dewi Lestari menyebut proses menulis cerita bergenre fiksi diakuinya lebih sulit karena harus membangun cerita dari nol, dibanding ketika menulis cerita biografi tentang seseorang.
Foto: Instagram deelestari
Penulis dan penyanyi Dewi Lestari menyebut proses menulis cerita bergenre fiksi diakuinya lebih sulit karena harus membangun cerita dari nol, dibanding ketika menulis cerita biografi tentang seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penulis dan penyanyi Dewi "Dee" Lestari menyebut proses menulis cerita bergenre fiksi diakuinya lebih sulit karena harus membangun cerita dari nol, dibanding ketika menulis cerita biografi tentang seseorang.

"Tantangannya kalau nulis fiksi saya bikin dunianya dari nol, kalau biografi saya menulis dunia yang sudah ada," kata Dee yang ditemui pada acara Festival Pustaka Sastra Tokopedia di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga

Ia mengakui, membangun cerita fiksi tetap lebih sulit karena harus membangun cerita yang sebelumnya tidak ada. Sedangkan saat menulis cerita biografi, ia perlu menghidupkan dunia yang sudah ada dengan grafik yang lebih dramatis dari kehidupan nyata.

Hal itu diucapkannya saat menceritakan sedang mengerjakan buku yang berisi biografi tentang sang ayah, yang diharapkan bisa dinikmati pembaca tahun depan.

 

Sementara itu, dalam setiap proses menulis, Dee mengatakan seorang penulis akan terus belajar seumur hidup. Sehingga ia menyarankan pada siapa pun yang ingin memulai menjadi penulis harus mau terus belajar.

"Jangan takut untuk mencoba dan harus mau terus belajar karena nulis tidak ada kata 'jago'-nya, sampai seumur hidup akan belajar terus," katanya.

Ia juga mengatakan jangan menaruh harapan yang terlalu tinggi dan harus siap dan terima jika mengalami kegagalan karena percobaan pertama tidak selalu langsung berhasil.

Hal yang sama juga diutarakan oleh penulis buku "Jomblo" Adhitya Mulya, yang mengatakan bahwa penulis harus ramah terhadap kritikan dan mau mendengar ulasan orang lain. "Be humble (rendah hati), karena kita nulis kita harus dapat feedback bagus apa tidak, kita harus mau mendengarkan," kata Adhitya menyarankan.

Di samping itu, mengenai kesibukannya sampai tahun depan, akan ada beberapa lagu ciptaan Dee Lestari yang siap dirilis yang akan dinyanyikan oleh penyanyi Andien dan juga Titi Dj. Selain itu, ia juga membocorkan bakal hadir satu cerita karangannya yang diproduksi sebagai serial film. "Ada satu cerita yang jadi serial tapi belum bisa dikasih tahu," katanya seraya tertawa.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement