Ahad 26 Mar 2017 05:41 WIB

Putri Disney Sering Kenakan Pakaian Biru, Ini Alasannya

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Israr Itah
Salah satu karakter putri dalam film animasi Disney, Elsa.
Foto: Youtube
Salah satu karakter putri dalam film animasi Disney, Elsa.

REPUBLIKA.CO.ID, Penggemar Disney mungkin menyadari bahwa para karakter putri Disney selalu digambarkan dengan gaun atau pakaian berwarna biru. Sebut saja Belle, Cinderella, Jasmine hingga Elsa. Tiana yang identik dengan gaun berwarna hijau dan Ariel yang merupakan putri duyung bahkan pernah tampil dengan gaun biru dalam film mereka.

Tak hanya dalam kartun Disney, adaptasi film Disney pun turut menampilkan sosok putri mereka dalam pakaian berwarna biru. Emma Watson dalam film Beauty and the Beast merupakan salah satunya.

Uniknya, seluruh warna biru pada gaun dan pakaian para putri Disney bukan sembarang biru. Meski terlihat berbeda, tiap-tiap warna biru yang dikenakan pada gaun putri Disney masih dalam palet warna yang senada dengan biru langit.

Keseragaman warna ini mungkin bukan hal yang tidak disengaja. Direktur eksekutif dari Pantone Colour Institute Leatrice Eiseman menjelaskan ada strategi di balik penentuan pakaian para putri Disney yang menyiratkan warna biru langit.

"(Menggambarkan karakter yang) Dapat diandalkan. Dapat dipercaya. Langit mungkin berawan tapi kita tahu langit tetap ada di atas sana," kata Eiseman seperti dilansir Entertainment.

Senada dengan Eiseman, desainer kostum Jacqueline Durran mengatakan ada sesuatu yang murni dan segar di balik warna biru muda. Di sisi lain, biru juga merupakan warna yang umum ditemukan dalam pakaian kerja.

"Biru merupakan warna yang praktis dan sebuah warna yang dimasukkan ke mana saja. Dengan begitu, biru merupakan warna yang penuh dengan kekuatan aktif," jelas Durran.

Tak heran, karakter-karakter Disney lain yang bukan termasuk putri juga kerap tampil dengan pakaian berwarna biru. Beberapa di antaranya ialah Alice dan Wendy. Tokoh-tokoh lain di luar Disney pun juga menonjolkan karakter tokoh mereka melalui warna biru. Salah satunya adalah Dorothy dari The Wizard of Oz

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement