Senin 20 Mar 2017 13:14 WIB

Begini Chuck Berry di Mata Musisi Rock Dunia

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri
Chuck Berry
Foto: New York Times
Chuck Berry

REPUBLIKA.CO.ID, Kematian pencetus musik rock n’ roll Chuck Berry meninggalkan duka yang mendalam tidak hanya bagi para penggemar tetapi juga bagi kalangan sesama musisi rock. Sejak berita kematiannya menyebar pada Sabtu dini hari, ucapan penghargaan terakhir dari para musisi tidak henti mengalir untuk Berry.

Vokalis band rock and roll asal Inggris, Rolling Stone, Mick Jagger, mengungkapkan perasaannya ketika mendengar berita kepergian Berry untuk selama-lamanya. Jagger mengaku sangat sedih dengan berita tersebut.

"Saya ingin berterima kasih kepadanya untuk inspirasi yang dia berikan. Dia menghidupkan dan mewarnai masa-masa remaja kami dengan meniupkan mimpi untuk menjadi musisi dan peyanyi. Liriknya sangat bersinar menjadi cahaya bagi impian Amerika. Chuck, kau sangat menakjubkan dan musikmu terukir dalam diri kami selamanya," tulis Jagger dikutip NPR.

Sementara itu, bagi personel Rolling Stone lainnya, Keith Richards, Berry merupakan salah satu cahaya terbesar yang menginspirasinya dalam bermusik. "Saya tidak tahu apakah Chuck sadar dengan apa yang telah ia lakukan. Saya tidak yakin dia menyadarinya. Dia melakukannya dengan penuh totalitas, suara dan rhythm yang luar biasa keluar dari rekaman Chuck. Hal itu pula yang ingin saya lakukan," kata Richards.

Hal serupa diungkapkan Beach Boy Brian Wilson. Menurut Wilson, Berry merupakan inspirasi besar sehingga siapa pun bisa menyukai rock n’ roll. Sementara itu, penyanyi heavy metal Alice Cooper menyebut Berry sebagai bapak yang menciptakan musik rock n roll.

Musisi rock n’ roll kenaman asal Amerika Serikat Bruce Springsteen menyebut Berry sebagai gitaris, penulis serta praktisi rock terbaik yang pernah ada selamam ia hidup. “Kehilangan Berry adalah kerugian besar bagi musik rock,” kata Springsteen.

Springsteen dan Berry sebelumnya sudah pernah bermain bersama setidaknya dalam dua kesempatan pada 1970-an. Dua dekade setelahnya, mereka kembali dipertemukan dalam pembukaan konser Rock and Roll Music Hall of Fame pada 1986 bersama musisi rock lainnya seperti Elvis Presley, Fats Domino, dan Sam Cooke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement