Ahad 19 Mar 2017 11:28 WIB

Sama-sama Legenda Rock, Ini Beda Chuck Berry dan Elvis Presley

Elvis Presley
Foto: AP
Elvis Presley

REPUBLIKA.CO.ID, Satu lagi legenda musik rock dunia telah tutup usia. Chuck Berry meninggalkan warisan musik rocknya dalam sejumlah karya abadi yang masih relevan dinikmati hingga saat ini. Selain Elvis Presley, Chuck Berry adalah musisi yang juga diakui sebagai pencetus lahirnya musik rock.  

Jika Presley dikenal sebagai bintang pop pertama yang membawakan lagu dengan gaya rock, maka Berry adalah konseptor sekaligus teoris yang jenius dalam menulis lirik lagu rock. Berry mampu membuat telinga para pendengar termanjakan dengan karya ciptaannya seperti Johnny B. Goode dan Roll Over Beethoven.

Dilansir The New York Times, Berry dikenal dengan keahliannya dalam menyusun lirik-lirik seputar dinamika kehidupan anak  remaja meski saat ia menulisnya di tahun 1950-an Berry sudah jauh melewati masa-masa remajanya. Lagu-lagunya seperti Sweet Little Sixteen dan You Can’t Catch Me seolah dapat mewakili perasaan anak muda pada saat itu.

Tidak hanya itu, melalui karya-karyanya, Berry juga menyuarakan pandangannya terhadap permasalahan sosial seperti pada lagu Promised Land, Too Much Monkey Business dan Brown Eyed Handsome Man. Secara satir, Berry mengkritik Amerika yang oportunis dan ketegangan rasis yang terjadi saat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement