Kamis 09 Mar 2017 14:06 WIB

Lezatnya Sirloin Steak dengan Potongan Buah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Daging sirloin bumbu chimicuri dengan buah nektarin yang dipadu dengan keju.
Foto: ist
Daging sirloin bumbu chimicuri dengan buah nektarin yang dipadu dengan keju.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bosan mengonsumsi daging dengan nasi atau kentang? Bagaimana bila mencoba kombinasi daging dengan buah seperti yang disarankan Chef Yuda Bustara.

“Ini supaya makan buah enggak bosan, ganti nasi atau kentang pakai buah, sama kenyangnya, ada sayurnya juga,” ujarnya.

Chef Yuda yang pernah tinggal di Melbourne mengaku kalau di Australia, sudah biasa makan daging dipadankan dengan buah. Karena di sana saat musim panas pasti panen buah. Jadi daripada makan pakai kentang atau nasi, mereka ganti dengan buah-buahan.

“Selain bernutrisi, berbeda saja, antimainstream. Lebih segar dan jarang orang menyatukan buah dan daging, soalnya kalau pakai kentang bosan,” tambahnya.

Salah satu makanan yang bisa jadi inspirasi adalah sirloin dengan chimichuri. Atau menggabungkan protein tinggi daging sirloin Australia dengan kesegaran vitamin yang dikandung oleh buah nektarin sebagai hidangan utama. Penasaran, simak resepnya dari Chef Yuda berikut ini.

Bahan-bahan:

700 gram daging steak sirloin yang berkualitas

Minyak zaitun

Garam laut

Lada hitam segar

Setengah ikat daun mint segar, cincang

Setengah ikat daun seledri, cincang

Satu cabai merah, cincang

Dua siung bawang putih, cincang

Setengah lemon, peras

Selada

Nectarin atau peach

Satu kotak blue cheese

Satu kotak mascarpone

Untuk salad dan saus nektarin:

10 ml jus lemon

20 ml minyak zaitun

Garam dan lada

Cara membuat:

1. Letakkan wajan ceper atau griddle dengan panas yang tinggi dan biarkan sampai berasap. Percikkan daging steak dengan minyak zaitun dan gosokkan di kedua sisinya, lanjutkan dengan memberi garam laut dan lada hitam secukupnya. Letakkan steak di atas griddle pan tadi.

2.  Masak selama 3 sampai 4 menit di masing-masing sisi sampai setengah matang dan 30 detik lebih lama untuk masing-masing steak untuk daging steak medium. Sementara itu tumbuk herbal segar, cabai, bawang putih dan sedikit bumbu menggunakan sebuah alu dan lumpang, kemudian peras setengah jeruk lemon dan aduk bersamaan dengan satu sednok makan minyak zaitun.

3. ketika steak hampir masak, usap sedikit campuran tersebut ke atas daging. Angkat dari wajan dan biarkan selama lima menit. Kemudian parut beberapa lemon keatas steak dan sajikan dengan saus sisanya.

4.  Lapisi nektarin dengan saus dan panggang sampai sedikit angus bagian atasnya campur dengan keju mascarpone dan blue cheese. Sisihkan.

5. Sajikan sirloin dengan selada dan saus dan nektarin tadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement