Kamis 09 Mar 2017 13:56 WIB

Kelebihan Buah Musim Panas dari Australia

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Buah plum yang baru dipetik.
Foto: EPA
Buah plum yang baru dipetik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah musim panas Australia memiliki keunggulan dibanding buah lainnya. Menurut Chef Yuda Bustara, salah satu keunggulan buah-buah ini adalah memiliki daya tahan lebih lama, misalnya daripada pisang. Karena summer fruits atau buah musim panas kulitnya tipis, bisa menjaga dengan baik isinya. Dia lebih kuat tidak seperti alpukat yang mudah bonyok.

“Kira-kira dia sama seperti apel, agak lama,” jelasnya dalam media gathering dalam rangka kampanye pemasaran buah-buah asal Australia bertajuk Now! In Season di Jakarta.

Lalu bagaimana mengenai manfaat kesehatannya? Ia menjelaskan buah berbasis warna oranye, mengandung vitamin C juga vitamin A ditambah dengan serat. “Vitamin bagus untuk kulit, sama kayak apel dan jeruk,” tambahnya.

Buah ini menurut Chef Yuda Bustara, memiliki berbagai rasa, ada yang asam ada yang manis. Namun, rasa asam dan manis buah-buah asal Victoria ini sangat berbeda dengan buah lokal. Sebab buah impor ini terkontrol dengan baik hingga terjaga rasa dan mutunya.

Ia yakin dengan kualitas buah-buahan dari Australia karena Victoria menggnakan sistem holtikultura yang canggih dan dijaga dengan baik, karena itu hasil panennya selalu dengan kualitas yang baik. Juga jarak antara Victoria dan Jakarta mendukung distribusi buah dari Victoria tetap segar.

“Karena mereka mengontrol dengan baik, kapan cabut dan sebelum panen, jadi benar-benar sampai Jakarta itu distribusinya sudah pas, pas diambil sama tamu-tamu atau pembeli, matangnya pas, tidak kematangan, dijaga dengan baik, satu buah dijaga dengan kemasan yang baik untuk menjaga bakteri,” ujarnya.

 

Karena itu, tak heran jika harga buah ini cukup mahal. Ada harga, ada kualitas. “Buah ini enggak bisa tumbuh di Puncak, tumbuh di empat musim, negara yang punya musim seperti ini adalah Melbourne daripada ke Meksiko, jauh, ke Amerika jauh, Melbourne lah yang terdekat, kalau pikir harga buah Amerika dan Australia, ya lebih murah Australia,” tambahnya.

Kampanye Now! In Season telah berlangsung sejak bulan Desember 2016 lalu dan akan berlanjut sampai dengan bulan Juni 2017. Beberapa buah-buahan yang akan dipromosikan sepanjang masa kampanye adalah buah cherry, summer fruits (plums, apricots, nectarines, dan peaches), anggur, apel, dan pear. Saat ini, buah-buahan musim panas ini sedang berada pada puncak musimnya.

Untuk produk sayur-sayuran, Now! in Season akan mempromosikan wortel dan juga bawang bombay. Buah-buahan ini dapat dibeli di supermarket tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement