Rabu 08 Mar 2017 10:47 WIB

Bango Dukung Regenerasi Pelestarian Kuliner Nusantara

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Festival Kuliner Bango
Foto: desy susilawati / Republika
Festival Kuliner Bango

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagai brand yang memiliki misi sosial untuk melestarikan warisan kuliner nusantara, kecap Bango melihat bahwa regenerasi usaha kuliner tradisional memiliki peran penting. Untuk itu, Bango mengapresiasi para pengusaha kuliner muda dengan cara mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam Festival Jajanan Bango 2017.  

Foods Director PT. Unilever Indonesia Tbk, Hernie Raharja, mengatakan bagi Bango, kuliner nusantara merupakan bagian penting dari budaya bangsa. Beragamnya bahan, bumbu hingga ke cara dan ritual penyajian yang otentik dan unik menjadikan kuliner Indonesia menjadi sangat spesial.

"Oleh karena itu, melalui berbagai aktivitas, Bango berkomitmen untuk terus menumbuhkan semangat pelestarian warisan kuliner nusantara di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya dalam konferensi pers kick off festival jajanan bango 2017 di Jakarta, Selasa (7/3).

Tahun ini, Bango mengajak para pelaku kuliner untuk melakukan upaya pelestarian kuliner nusantara. Pelaku kuliner diajak berinovasi tanpa meninggalkan identitas kuliner nusantara.  Hal itu diawali dengan pencarian 40 start-up kuliner nusantara dari berbagai wilayah Indonesia. Mereka dinilai oleh tiga pakar kuliner.

Setelah proses penjurian, telah terpilih 20 finalis yang berhak untuk melanjutkan ke tahap pemilihan berikutnya. Bagi ke-20 finalis, Bango akan menganugerahi mereka dengan penghargaan “Duta Regenerasi Kuliner Nusantara”. Selanjutnya, dari 20 finalis yang telah terpilih ini, Bango akan menggelar voting secara nasional di beberapa platform digital Bango, yaitu situs www.bango.co.id dan Facebook Bango Warisan Kuliner.

Para pecinta kuliner dapat langsung memilih start-up favorit mereka sehingga akhirnya akan terpilih 10 start-up favorit yang kemudian akan dihadirkan dalam perhelatan Festival Jajanan Bango 2017 tanggal 6 sampai 7 Mei 2017 mendatang di ICE BSD, Tangerang.

“Di masa mendatang, Bango berharap dapat bekerjasama lebih erat lagi dengan Bekraf RI untuk menjangkau lebih banyak pelaku start-up kuliner di berbagai wilayah nusantara dalam upaya memperkaya ilmu yang mereka miliki, membentuk networking, sharing dengan mentor yang berpengalaman di bidang kuliner maupun bisnis, dan memantapkan produk dan model bisnis yang mereka miliki. Semoga serangkaian aktivitas ini akan menularkan semangat pelestarian warisan kuliner nusantara ke lebih banyak lagi generasi muda di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement