Selasa 07 Mar 2017 08:15 WIB

Anak Kurang Gizi tak Bisa Bergaul

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Beberapa anak bermain di kompleks Rumah Susun Tambora, Jakarta, Jumat (17/2).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Beberapa anak bermain di kompleks Rumah Susun Tambora, Jakarta, Jumat (17/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orangtua tentu menginginkan anaknya bisa tumbuh sesuai usianya. Termasuk dalam hal pergaulan.

Menurut para ahli anak harus memiliki keterampilan sosial lebih dulu sebelum bisa bergaul. Agar keterampilan sosial anak tumbuh dengan baik tentu perlu dukungan dari orangtua salah satunya pemenuhan nutrisinya.

Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis gizi klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK. Menurutnya nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak sejak kecil hingga dewasa. Untuk itu, penting bagi para orangtua untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal sesuai dengan perkembangan usianya.

“Anak yang terlengkapi nutrisinya akan menjadi anak yang sehat dan mampu beraktivitas dengan baik dan berpotensi untuk memiliki keterampilan sosial lebih baik dibanding anak yang nutrisinya tidak tercukupi,” jelasnya dalam konferensi pers peluncuran kampanye SGM Eksplor Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya di Jakarta belum lama ini. 

Selain menyediakan makanan bergizi seusia usia anak, penting juga orangtua mengajak anak bermain di arena permainan yang edukatif. Yang sekaligus bisa memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang pentingnya pemenuhan nutrisi yang optimal untuk menjaga kesehatan.

Misalnya anak-anak diajak untuk tidak takut dengan perbedaan cuaca. “Dengan nutrisi yang optimal, anak-anak akan punya daya tahan yang baik dalam menghadapi pergantian cuaca.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement