Rabu 01 Mar 2017 05:18 WIB

Momen Salah Baca di Ajang Oscar Bukan yang Pertama

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Oscar 2017
Foto: The Independent
Oscar 2017

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Kehebohan di ajang Oscar 2017 saat pembaca nomine Warren Beatty dan Faye Dunaway salah menyebutkan pemenang kategori Best Picture beberapa waktu lalu bukan untuk yang pertama kali terjadi. Sebelumnya di acara bergengsi bagi para insan perfiman dunia itu hal yang terlihat mengerikan itu sudah pernah terjadi.

Kembali pada 1964, saat itu pembaca nomine bernama Sammy Davis Jr secara tidak sengaja salah membaca nama pemenang untuk kategori Best Music Score. Ia menyebutkan nama John Addison dalam film Tom Jones, padahal seharusnya adalah Irma La Douce's Andre Previn.

Beruntung, saat itu Davis Jr secepatnya mengoreksi kesalahan. Ia juga menyiasati momen yang canggung dengan menggambarkan hal itu hanyalah murni sebagai lelucon. Nampaknya banyak penonton yang cukup percaya dengan akting yang ditampilkan olehnya.

Berbeda dengan Oscar tahun ini yang membuat banyak penonton sangat heran. Bahkan, tak sedikit yang menilai kesahalan Beatty dan Dunaway sangat fatal dan memalukan.

Ia menyebut pemenang category Best Picture adalah film La La Land. Bahkan, sejumlah kru film tersebut sudah naik ke atas panggung dan mengucapkan pidato kemenangan.

Kesalahan disadari saat produser La La Land melihat kartu yang dipegangnya bukan bertuliskan film tersebut, melainkan Moonlight. Ralat pemenang langsung dilakukan olehnya dan sesaat setelah itu pembawa acara Oscar Jimmy Kimmel juga naik ke atas panggung untuk meminta maaf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement