Selasa 28 Feb 2017 11:50 WIB

Pendongeng Minta Anak Rajin Membaca dan Batasi Gadget

Anak bermain gadget
Foto: AP
Anak bermain gadget

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG -- Pendongeng Indonesia Awam Prakoso mendorong anak-anak di Provinsi Sumatera Barat agar rajin membaca buku dan membatasi diri bermain gawai melalui dongeng yang ditampilkan secara atraktif dan menarik.

"Banyak membaca akan membuat kita banyak tahu isi dunia dibandingkan jika bermain gawai. Utamakanlah untuk membaca," kata Awam Prakoso berpesan, saat mendongeng dalam rangkaian acara Minang Book Fair 2017, di Padang, Selasa (28/2).

Penampilannya yang atraktif, bersemangat dan kocak menarik perhatian ratusan anak-anak PAUD, TK, dan SD yang berkumpul sejak pagi. Ditambah lagi dengan kemampuannya menirukan berbagai suara yang memukau tidak saja anak-anak, tetapi juga pengunjung Minang Book Fair 2017.

Selain melalui dongeng yang bertema kelebihan anak yang suka membaca, Awam juga menyampaikan pesan moral melalui permainan dan lagu yang dikemas untuk mengajak anak suka membaca.

Salah satu orang tua murid TK yang datang Rona meyakini dongeng bisa lebih efektif untuk mengajak anak suka membaca. "Apalagi pendongengnya sekelas Awam Prakoso," katanya pula.

Selain Awam, acara mendongeng juga dimeriahkan Forum Indonesia Muda, salah satunya Nia yang mendongeng memanfaatkan media boneka. Kegiatan mendongeng untuk menumbuhkan minat baca anak itu senada dengan keinginan Pemprov Sumbar untuk meningkatkan budaya literasi di daerah itu.

Gubernur Irwan Prayitno sebelumnya memgatakan pihaknya bersama pemangku kepentingan lain berupaya agar masyarakat Sumbar bisa membaca setidaknya 24 buku dalam setahun. "Kami coba laksanakan di tingkat nagari agar efektif," katanya pula.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement