Rabu 01 Feb 2017 17:45 WIB

Cara Ortu Habiskan Uangnya akan Tercermin di Anak

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Kenalkan konsep uang dan cara menggunakannya sejak dini ke anak.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kenalkan konsep uang dan cara menggunakannya sejak dini ke anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua sering kali menginginkan anak untuk lebih bijak ketika membeli sesuatu. Padahal anak bisa bijak saat berbelanja karena mencontoh kebiasaan orang tuanya.

Psikolog Ajeng Raviando mengatakan anak akan tidak konsumtif dalam membeli sesuatu bila orang tuanya menjadi model yang baik. Orang tua yang konsumtif akan membuat anak meniru perilaku yang sama.  

Jika orang tua sudah bisa memberikan contoh pola hidup yang sehat dalam berbelanja, maka anak akan mendapatkan model nyata. Setelah melihat langsung pola hidup hemat, sebaiknya anak pun diberikan pemahaman tentang proses mendapatkan uang.

"Kadang kala mereka kurang menyadari pentingnya uang, jadi harus menekankan proses yang dijalani hingga bisa membelanjakan uang yang dimiliki," kata Ajeng.

Anak perlu tahu jika mendapatkan uang bukan menjurus pada belanja, namun pada proses mendapatkannya. Uang didapatkan dari hasil kerja keras, sehingga septutnya dikeluarkan dengan penuh perhitungan, bukan dihambur-hamburkan dengan membeli sesuatu yang tidak diperlukan.

Orang tua perlu menekankan jika mendapatkan uang membutuhkan proses yang tidak instan. Ada perjuangan yang perlu dilakukan agar mendapatkan uang dan bisa membeli suatu barang untuk anak pahami.

Baca juga: Tips Menjadikan Anak Hafidz Alquran

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement