Selasa 31 Jan 2017 18:01 WIB

Mengapa Generasi Millennials Suka Belanja?  

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Hobi belanja
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Hobi belanja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Generasi millennials merupakan orang-orang yang terbiasa dengan kecepatan dan kemudahan. Berbelanja menjadi satu produk baru yang begitu mudah dilakukan dalam era generasi millennials tumbuh.

Psikolog Ajeng Raviando mengatakan jika kecenderungan perilaku konsumtif sangat erat dengan generasi millenials. Kemudahan menjadi alasan semakin besarnya peluang generasi millenials berbelanja kapan pun dan di mana pun, tidak seperti generasi-genersi dulu yang terbatas pada toko untuk mendapatkan benda yang diinginkan.

"Millennials ini ingin semuanya terintegrasi pengen kerja dan senang-senang bisa bersamaan dan ini sangat membuka kemungkinan untuk konsumerisme, biasanya berkaitan dengan lifestyle," kata Ajeng dalam acara "#SayangUangnya", Selasa (31/1).

Kecenderungan melakukan dengan cara mudah membuat daya beli generasi millennials begitu tinggi. Apalagi didukung dengan ketersediaan yang mudah dijangkau pada era saat ini.

Ajeng pun mencontohkan dengan kebiasaan berbelanja daring. Jika dahulu berbelanja mesti dilakukan dengan cara langsung mendatangi toko, sekarang cukup duduk manis barang yang ingin dicari sudah dapat dipilih.

Apalagi sering kali iming-iming potongan harga atau penawaran yang lebih murah membuat nafsu belanja lebih meningkat. Padahal, ketika berbelanja daring tidak dipungkiri akan ada biaya tambahan seperti ongkos kirim, biaya administrasi, hingga biaya transfer bank yang membuat harga pun menjadi tinggi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement